Ini Empat Strategi ISEI Dorong Pemulihan Ekonomi

Ini Empat Strategi ISEI Dorong Pemulihan Ekonomi

Ini Empat Strategi ISEI Dorong Pemulihan Ekonomi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Perekonomian Indonesia terus memasuki masa pemulihan, seiring dengan kasus Covid-19 yang mulai terkendali. Menanggapi hal ini, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (PP ISEI) Perry Warjiyo mengungkapkan, setiap anggota ISEI harus berperan aktif dalam pemulihan ekonomi nasional.

Menurutnya, terdapat 4 strategi pokok yang akan dilakukan ISEI untuk terus mendukung pemulihan ekonomi nasional. Strategi pertama adalah dengan memperkuat strategi untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional serta bersinergi dengan setiap pemangku kebijakan yang ada.

“Kita perlu terus memperkuat, mendukung, dan mendorong inisiasi dari pemerintah pusat dan daerah untuk mempercepat pemulihan ekonomi,” jelas Perry pada paparan virtualnya, Selasa, (31/08/2021).

Selanjutnya, penguatan strategi untuk mendorong inovasi dan implementasi reformasi kebijakan struktural menjadi langkah yang kedua. Peran ISEI diperlukan untuk menyumbangkan pemikiran dan solusi terhadap reformasi struktural. Sumbangsih tersebut bisa berbentuk dalam pembelajaran, riset, pengembangan profesi, atau memberikan konsultasi terhadap kebijakan yang ada.

Pada strategi ketiga, Perry meminta ISEI untuk fokus pada percepatan digitalisasi di sektor ekonomi dan keuangan. Sebagai Gubernur Bank Indonesia, ia terus mendorong digitalisasi sistem pembayaran nasional. Beberapa upaya yang sudah dilakukan antara lain adalah pengimplementasian QRIS (QR Code Indonesia Standard), Open API pembayaran, BI-Fast, serta layanan lain.

Terakhir, ISEI perlu terus untuk mengoptimalisasi program pemberdayaan dari seluruh pengurus dan anggota. “Mari, kita tingkatkan peran ISEI untuk mendorong perekonomian nasional, sebagaimana yang telah dimulai senior ISEI pada periode sebelumnya,” ujar Perry. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]