Ini 3 Bank Digital yang Paling Banyak Dipilih Gen Z

Ini 3 Bank Digital yang Paling Banyak Dipilih Gen Z

Jakarta – Perbankan digital Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan konsisten. Ini tak lepas dari semakin meningkatnya transaksi digital masyarakat selama beberapa tahun terakhir. Lantas, bank digital apa yang paling diminati atau digunakan warga Indonesia hingga saat ini?

Sebuah survei yang dilakukan oleh Populix menunjukkan, saat ini terdapat beberapa bank digital yang digemari masyarakat Indonesia.

Survei bertajuk “Studi Analisis Ekosistem dan Persepsi terhadap Bank Digital di Indonesia” itu dilakukan secara daring terhadap 250 responden laki-laki dan perempuan, dengan 60 persen responden Gen Z dan 40 persen responden milenial berusia 17-39 tahun di Jabodetabek, Jawa, Sumatera, dan beberapa kota lainnya.

Indah Tanip, VP of Research Populix mengatakan pada kategori bank digital, SeaBank saat ini menduduki posisi pertama sebagai bank digital yang paling dikenal masyarakat, terutama Gen Z dengan market share 57 persen.

Baca juga: Berbalik Untung, Bank Digital BCA blu Bukukan Laba Bersih Rp46,04 Miliar

“Kita lihat di sini (survei) top 3-nya itu ada Seabank, kemudian ada Bank Jago market share 36 persen dan Blue by BCA Digital 25 persen. SeaBank ini menduduki posisi teratas ya. Kuat sekali positioning-nya dalam hal brand awareness,” kata Indah dalam konferensi pers Studi Analisis Ekosistem dan Persepsi terhadap Bank Digital di Indonesia, secara virtual, Selasa, 9 Juli 2024.

Berdasarkan hasil survei, kata Indah, bahwa tingkat brand awareness SeaBank mencapai 95 persen. Kemudian, sebanyak 66 persen responden menyatakan pernah menggunakan SeaBank dan 57 persen menggunakan SeaBank dalam waktu sebulan terakhir.   

“Brand awareness-nya (SeaBank) kuat, ketika kita tanya bank digital apa sih paling kamu ketahui, ini (SeaBank) merek yang diucapkan pertama kali. Artinya, SeaBank ini memiliki positioning yang kuat, diminati dan ingat oleh target market (pengguna bank digital),” ujarnya.

Dia melanjutkan, SeaBank paling banyak dipilih Gen Z untuk digunakan dalam transaksi sehari-hari. Mengingat fitur-fitur yang ditawarkan oleh bank ini seperti bebas biaya admin dan transfer, menyediakan banyak program promosi yang menarik, dan memiliki aplikasi yang mudah digunakan.

“Sementara itu, Bank Jago dipilih karena terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain, dan Blu by BCA dipilih karena keamanan aplikasi dan layanan pelanggan yang responsif,” ujarnya.

Baca juga: Livin Mau jadi Bank Digital? Ini Jawaban Bos IT Bank Mandiri

Menurut Indah, mayoritas responden mengetahui bank digital dari media online, di mana SeaBank dikenal dengan kehadirannya dalam aplikasi belanja online. Sedangkan bank digital lainnya dikenal karena banyaknya kemitraan yang dijalankan dengan para pedagang.

“Basis responden menyebutkan rata-rata tau bank digital dari YouTube 38 persen, Instagram 33 persen, dan TikTok 27 persen,” jelas Indah.

Adapun bank digital utamanya banyak digunakan untuk isi ulang e-wallet sebanyak 54 persen, transfer antar bank (49 persen), berbelanja di e-commerce atau platform online (48 persen), serta transfer antar rekening (47 persen). (*)

Related Posts

News Update

Top News