Ingin Merawat Mobil Tua? Ini Yang Wajib Diketahui

Ingin Merawat Mobil Tua? Ini Yang Wajib Diketahui

Jakarta – Merawat mobil tua dengan usia 15 sampai 20 tahun perlu pengetahuan tersendiri. agar tetap nyaman digunakan ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Meskipun mobil baru atau mobil dengan usia muda, jauh lebih mudah perawatannya, banyak juga orang yang tetap memilih membeli mobil tua dengan berbagai alasannya. Mulai dari modelnya yang dianggap klasik, harganya yang sesuai sampai dengan kemungkinan bisa dijual lagi dengan harga yang lebih mahal.

Tetapi yang harus diingat, memiliki mobil bekas usia muda tentu berbeda dengan memiliki mobil bekas dengan usia tua. Perlu ekstra perawatan. Apalagi sudah banyak komponen mobil yang aus atau malah rusak.

Ada beberapa bagian yang harus diperhatikan ketika merawat mobil bekas yang sudah tua.Namun yang harus diketahui juga cara perawatannya yang tentu harus tepat. Ini beberapa diantaranya.

1. Memperhatikan komponen yang ada

Hal pertama yang harus dilakukan adalah identifikasi komponen mobil. Apakah ada yang perlu dilakukan peremajaan atau memang komponen masih bagus. Komponen yang sudah rusak bisa diganti dengan yang baru misalnya komponen mesin, kaki-kaki, sistem pendinginan mesin dan lainnya. Perubahan komponen yang wajib dilakukan tentu agar mobil tua tetap nyaman dipakai.

2. Teratur ganti oli

Untuk mobil baru saja ganti oli harus teratur apalagi mobil yang tak lagi muda usianya, tentu harus teratur dalam hal urusan ganti oli.

Untuk mobil tua yang harus diganti bukan hanya oli mesin. Tetapi juga  oli transmisi, oli gardan, dan minyak rem. Bila mengganti oli teratur dilakukan maka akan menjaga kinerja mobil tua yang Anda miliki.

3. Periksa sistem pendingin mesin

Sistem pendinginan mesin sering menjadi masalah buat mobil tua, sehingga mesin overheat atau terlalu panas. Tentu harus di cek secara detail soal sistem pendingin mesin kalau ingin mobil nyaman digunakan.

4. Jangan diamkan mobil

Walaupun mobil tua, jangan diamkan mobil hanya di garasi saja. Mobil yang sering dipakai minimal seminggu sekali akan lebih sehat dibandingkan yang didiamkan saja dalam garasi rumah. Selain itu,mobil yang dipakai juga akan dengan cepat mendeteksi permasalahan bila memang ada masalah baru.

5. Ikuti asuransi

Meskipun mobil sudah tua, ikutkan dengan program asuransi. Konsultasikan dengan perusahaan asuransi apakah mobil tua yang Anda miliki bisa diasuransikan atau tidak dan berapa premi yang harus dibayar. Biasanya asuransi mobil masih bisa untuk mobil dengan maksimal usia 15 tahun. 

PT. Asuransi Tugu Pratama Indonesia (Tugu Insurance) menyediakan produk asuransi mobil t drive, dengan premi mulai Rp33.000/bulannya. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.tugu.com.

Related Posts

News Update

Top News