Indonesia Insurance Summit 2024 Dorong Transformasi dan Reformasi di Sektor Perasuransian

Indonesia Insurance Summit 2024 Dorong Transformasi dan Reformasi di Sektor Perasuransian

Denpasar – Indonesia Insurance Summit 2024 yang diadakan untuk pertama kalinya di Denpasar, Bali, menjadi tonggak penting dalam upaya transformasi sektor perasuransian Indonesia.

Acara yang diselenggarakan oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) ini mendapat dukungan penuh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang berharap agar kegiatan tersebut menjadi agenda tahunan besar dalam industri asuransi.

Kepala Eksekutif Pengawasan Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono, menegaskan pentingnya evolusi, transformasi, dan reformasi di sektor perasuransian. Menurut Ogi, reformasi di sektor jasa keuangan Indonesia sejak krisis keuangan tahun 1998-1999 belum sepenuhnya menyentuh industri perasuransian, yang ditandai dengan stagnannya indikator penetrasi dan densitas asuransi.

“Pertanyaan mendasar yang ditujukan kepada kita semua (OJK) adalah mengapa dibutuhkan evolusi, transformasi, reformasi di sektor perasuransian. Sebagai yang kita ketahui bersama, sejak krisis keuangan yang terjadi di tahun 1998-1999, reformasi di sektor jasa keuangan Indonesia belum menyentuh di sektor industri perasuransian,” ungkap Ogi dalam acara Press Conference Indonesia Insurance Summit 2024 di Denpasar, Bali, Kamis, 22 Agustus 2024.

Baca juga: Indonesia Insurance Summit 2024: Fiona Stewart Dorong Praktik ESG dalam Industri Asuransi

Dalam rangka mengatasi stagnasi tersebut, OJK telah meluncurkan peta jalan pengembangan dan penguatan sektor perasuransian 2023-2027 pada Oktober 2023. Roadmap ini menjadi langkah awal untuk memperkuat dan mengembangkan sektor asuransi di Indonesia.

OJK juga telah menyusun berbagai ketentuan baru yang bertujuan memperkuat sektor perasuransian, termasuk dari sisi permodalan, tata kelola, dan manajemen risiko.

Salah satu contohnya adalah perbaikan untuk produk asuransi tertentu seperti PAYDI (unit link) melalui Surat Edaran OJK Nomor 5 Tahun 2022 dan produk asuransi kredit melalui POJK 2020-2023. Saat ini, OJK juga tengah melakukan review terhadap produk asuransi kesehatan.

Baca juga: Indonesia Insurance Summit 2024: Ogi Prastomiyono Dorong Reformasi Industri Asuransi

Ogi menyatakan bahwa Indonesia Insurance Summit 2024 ini merupakan momentum penting untuk membawa sektor perasuransian Indonesia ke arah yang lebih baik.

“Momen ini menjadi langkah perubahan sehingga sektor perasuransian berada pada right place, right time, right circumstances untuk melakukan perubahan dengan semangat kebersamaan yaitu stronger together,” tegas Ogi. (*) Alfi Salima Puteri

Related Posts

News Update

Top News