IKN Bakal Groundbreaking Tahap 5 Pekan Ini, Simak Bocoran Proyeknya

IKN Bakal Groundbreaking Tahap 5 Pekan Ini, Simak Bocoran Proyeknya

Jakarta – Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara menyebutkan akan melakukan groundbreaking tahap kelima di 2024. Groundbreaking yang dijadwalkan pada 29 Februari dan 1 Maret 2024 ini, akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Juru Bicara OIKN Nusantara, Troy Pantouw, menjelaskan dalam groundbreaking tahap kelima ini bakal ada perusahaan teknologi dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sektor perbankan, dan juga peluncuran pusat komando atau command center.

Baca juga: OIKN Ungkap Bank Himbara dan Swasta Segera Groundbreaking di IKN

“Groundbreakingnya berlangsung pada 29 Februari dan 1 Maret yang InsyaAllah dilakukan oleh presiden, jadi selain perusahaan teknologi (BUMN), kemudian juga akan ada dari perbankan yang akan groundbreaking kemudian nanti juga ada peluncuran pusat komando atau command center,” ucap Troy kepada media di Jakarta, 26 Februari 2024.

Namun, Troy belum merincikan berapa besaran total investasi yang bakal masuk IKN pada groundbreaking tahap ke-5 ini.

Untuk sektor perbankan sendiri, terdapat bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang akan melakukan groundbreaking, setelah masuknya Bank Indonesia (BI), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ke IKN.

Baca juga: Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp26,7 Triliun Untuk Bangun IKN, Ini Rinciannya

Untuk bank swasta, Troy membocorkan akan ada PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Hanya saja, saat ini masih dalam tahapan proses, sehingga belum bisa dipastikan masuk ke dalam groundbreaking tahap ke-5.

“Jadi nanti akan ada beberapa sektor perbankan yang akan groundbreaking nanti mereka akan berada dalam suatu kawasan itu ya untuk sektor perbankan, sementara untuk yang tadi disebutkan (BCA) untuk groundbreakingnya yang kelima ini masih berproses jadi masih belum,” imbuhnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News