IHSG Diperkirakan Menguat Pekan Ini, Berikut Sentimen Pendorongnya

IHSG Diperkirakan Menguat Pekan Ini, Berikut Sentimen Pendorongnya

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penguatan sebesar 2,67 persen menjadi berada pada level 7.063,57 pada perdagangan pekan lalu. Bagaimana dengan pergerakan IHSG pekan ini?

Investment Consultant Reliance Sekuritas Indonesia, Reza Priyambada, mengatakan IHSG diperkirakan akan melanjutkan penguatannya pada pekan ini, seiring terjadinya penguatan nilai tukar rupiah.

“Dua hari berturut IHSG mulai mengalami kenaikan seiring penguatan nilai tukar rupiah dan mungkin ada sentimen dari global. Nah, pekan depan ini yang kita harapkan sentimen positif dapat bertahan,” ucap Reza kepada Infobanknews dikutip, 1 Juli 2024.

Baca juga: Solvabilitas dan Profitabilitas Solid, Saham TUGU Jadi Buruan Investor

Selanjutnya, ia mengamati, jika IHSG terus bergerak positif, maka diperkirakan IHSG mampu berada pada level di atas 7.100, dengan level support berada di rentang 6.878-6.955 dan resistance di level 7.078-7.086.

“Untuk sentimen pada dasarnya tidak banyak berubah di mana pelaku pasar masih mencermati pergerakan USD/IDR, sentimen global seperti data-data ekonomi, rapat The Fed, hingga di dalam negeri seperti rilis kinerja emiten maupun aksi-aksi korporasi emiten,” imbuhnya.

Baca juga: Duh! Setelah Morgan Stanley, HSBC Juga Pangkas Peringkat Pasar Saham RI

Adapun, sektor-sektor yang diperkirakan ikut mengalami pergerakan positif, antara lain saham perbankan, konsumer, dan ritel. Namun, dengan syarat nilai tukar rupiah mampu lanjutkan penguatannya.

“Kita lihat minggu ini ada sentimen apa aja. Kalau rupiah mampu melanjutkan kenaikan maka diharapkan saham-saham perbankan, konsumer, ritel, bisa kembali menguat,” ujar Reza. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News