Hacker Brain Chiper Akhirnya Tepati Janji Kirim Kunci Enkripsi PDN

Hacker Brain Chiper Akhirnya Tepati Janji Kirim Kunci Enkripsi PDN

Jakarta – Kelompok peretas Brain Chiper menepati janjinya mengirim data kunci enkripsi yang dilumpuhkan oleh Ransomware di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 Surabaya, beberapa waktu lalu.

Hal tersebut diumumkan langsung di blog dark web milik Brain Chiper. Pengumuman ini juga dibagikan di media sosial X, dengan akun @Stealthmole.

“Kami secara mandiri membuat keputusan ini, tanpa adanya intervensi dari layanan layanan khusus atau lembaga hukum,” tulis pengumuman tersebut, dikutip Rabu, 3 Juli 2024.

Baca juga: Peretas PDNS Minta Maaf, Siap Buka Kunci Data Secara Gratis

Selain mengumumkan telah mengirim data kunci enkripsi PDNS 2, mereka juga membagikan tutorial untuk mengunduh kunci dari data yang dienkripsi.

Lebih lanjut, kelompok ini juga meyakinkan bahwa praktik peretasan terhadap PDNS menjadi yang pertama dan terakhir bagi korban untuk mendapatkan kunci secara cuma-cuma.

Baca juga: Data yang Diretas dari PDNS Diperkirakan Normal Bulan Juli 2024, Ini Alasannya

Brain chipper juga mengatakan bahwa pihaknya akan menunggu konfirmasi dari pemerintah Indonesia untuk memastikan bahwa kunci gratisnya berfungsi. Usai dikonfirmasi pemerintah, maka data yang mereka miliki akan dihapus secara permanen.

Di penutup pengumumannya, mereka akan mengancam untuk mempublikasikan data yang dilumpuhkan sebelumnya, jika pemerintah berdalih telah memulihkan data secara mandiri, atau lewat bantuan pihak ketiga (tanpa menggunakan dekriptor yang Brain Cipher kirim).

“Jika pemerintah Indonesia mengatakan telah memulihkan data secara mandiri atau lewat bantuan pihak ketika, maka kami akan mempublikasikan data yang dilumpuhkan sebelumnya,” tegasnya. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News