Gencarkan Pembayaran Non Tunai, Bank DKI Dorong UMKM Go Digital

Gencarkan Pembayaran Non Tunai, Bank DKI Dorong UMKM Go Digital

UMKM Bank DKI
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta –  Bank DKI terus meningkatkan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di era digital ini. Salah satunya dengan melakukan digitalisasi di sejumlah pasar. Program ini dilakukan melalui akseptansi pembayaran digital dengan menggunakan metode scan to pay QRIS melalui aplikasi JakOne Mobile, maupun JakOne Pay.

Upaya yang dilakukan Bank DKI ini sebagai bagian untuk mendorong penerapan transaksi non tunai di DKI Jakarta. Bank DKI pun menggelar Digital Ecosystem Event bertajuk “Cash Free Day 2022” di Thamrin 10 Food & Creative Park pada 9-11 September 2022, yang berhasil menarik animo masyarakat untuk dapat merasakan inovasi transaksi non-tunai yang dikembangkan oleh Bank DKI.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria pun menyampaikan apresiasinya. Bahwa kegiatan Cash Free Day Bank DKI ini merupakan inovasi yang positif. Dirinya juga mengajak untuk mendukung berbagai program yang telah Bank DKI canangkan terutama dalam mendukung pengembangan UMKM, melalui promosi dan pembiayaan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kami menyambut baik, bersyukur dan bangga selama 3 hari pelaksanaan Cash Free Day Bank DKI, telah menunjukkan upaya perbaikan yang baik melalui peningkatan inovasi,” ujarnya seperti dikutip 12 September 2022. 

Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy menyampaikan, bahwa Bank DKI saat ini terus berinovasi dan memberikan kontribusi nyata, terutama di bidang digital menuju bank BPD nomor 1 Se-Indonesia. “Salah satu inovasi digital Bank DKI, selain scan to pay QRIS antara lain dikembangkannya digital lending, dimana nasabah dapat melakukan pengambilan kredit melalui smartphone yang terhubung dengan OJK, maupun Dukcapil,” ucapnya.

Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 1 Jakarta – Banten, Roberto Akyuwen menambahkan, Bank DKI telah melakukan langkah dengan tepat, karena inovasi dan transformasi teknologi terus dilakukan oleh Bank DKI untuk menciptakan inklusi keuangan. Hal ini juga sejalan dengan pelaksanaan transformasi digital di sektor jasa keuangan guna mendukung peningkatan inklusi keuangan masyarakat yang dilakukan oleh OJK.

Pengunjung yang hadir dalam gelaran Cash Free Day 2022 Bank DKI, dapat menikmati berbagai pilihan kuliner yang tersedia di berbagai stand di Thamrin 10 dengan melakukan pembayaran menggunakan metode scan to pay QRIS melalui aplikasi JakOne Mobile, maupun JakOne Pay. QRIS Bank DKI yang sudah berizin dari Bank Indonesia dapat digunakan pada aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun baik Bank maupun non Bank.

Adapun sampai dengan kuartal II 2022, pengguna aplikasi JakOne Mobile telah mencapai 1,7 juta pengguna dengan jumlah nominal transaksi mencapai Rp9,1 triliun, serta volume transaksi mencapai 10,8 juta transaksi, diikuti dengan transaksi QRIS yang tumbuh 742% (yoy). (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]