Garap Potensi Pasar Rumah Pintar, Tuya Smart Umumkan Kemitraan dengan V2 Indonesia

Garap Potensi Pasar Rumah Pintar, Tuya Smart Umumkan Kemitraan dengan V2 Indonesia

Jakarta – Penyedia layanan cloud global, Tuya Smart mengumumkan kerja sama dengan V2 Indonesia, perusahaan penyedia solusi teknologi untuk menggarap pasar rumah pintar (smart house) di Indonesia.

Kerja sama Tuya Smart dan V2 Indonesia ini akan mengakselerasi integrasi kebutuhan teknologi, termasuk artificial intelligence (AI) untuk rumah pintar. Keduanya melihat potensi besar di pasar smart house di Indonesia.

Kemitraan yang secara resmi diumumkan pada gelaran Tuya Global Developer Summit 2024, di Fuzian, Shenzen, beberapa waktu lalu.

V2 Indonesia memiliki inisiatif dan inovasi untuk menjadi pioneer dalam menggabungkan teknologi otomasi dan realitas digital di berbagai industri. V2 Indonesia siap menghadirkan revolusi teknologi dan membangun kolaborasi dengan para pemimpin industri masa depan.

Jumlah penduduk 281 juta jiwa dan secara demografi didominasi generasi muda (55 persen), Indonesia mewakili salah satu pasar dunia dengan proporsi generasi muda tertinggi. Generasi muda umumnya menunjukkan adopsi tinggi terhadap produk-produk inovatif, seperti perangkat elektronik pintar, yang telah mendorong permintaan smart house di pasar Indonesia.

Baca juga: CIMB Niaga Agresif Tangkap Peluang Bisnis KPR Hijau

Mengacu laporan terbaru, pasar smart house di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan pesat. Tingkat pertumbuhan tahunan gabungan lebih dari 20 persen dalam tiga tahun ke depan. Sebab itu, V2 Indonesia mengeksplorasi teknologi smart house dengan meningkatkan kecakapan teknisnya guna memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang.

V2 Indonesia menyadari bahwa mengintegrasikan teknologi cerdas seperti AI dan IoT memiliki potensi sangat besar bagi industri rumah pintar. Selain itu, teknologi yang diimplementasikan oleh V2 Indonesia dan Tuya akan menyederhanakan alur kerja, mengoptimalkan alokasi sumber daya, dan meminimalkan biaya operasional smart house.

“Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman tinggal di rumah pintar yang lebih nyaman, cerdas, dan personal kepada pelanggan dan konsumen,” ujar Rudi Hidayat, CEO V2 Indonesia dalam keterangan resmi, Selasa, 2 Juli 2024.

Didukung teknologi Smart House & Real Estate SaaS dari Tuya, V2 Indonesia mengembangkan solusi yang secara signifikan mengurangi waktu dan biaya bagi pelanggan.

Dari sisi perangkat keras, V2 Indonesia memanfaatkan ekosistem perangkat smart hardware milik Tuya yang membantu memperluas jangkauan produknya. V2 Indonesia dapat menciptakan suasana rumah yang disesuaikan melalui kombinasi yang fleksibel, menghadirkan pengalaman hidup lebih nyaman dan personal.

Sementara pada tingkat perangkat lunak, layanan OEM SaaS Tuya telah memberikan V2 Indonesia seperangkat alat konektivitas yang komprehensif, mencakup sistem kontrol produk, kemampuan intelligent scene design, efficient batch delivery tools, online fault diagnosis, dan streamlined work order services.

Baca juga: Ekonomi Solid, Agung Pomodoro Optimistis Penjulan Properti Tumbuh 10 Persen di Akhir 2024

“Ke depan, V2 Indonesia bermaksud untuk memperdalam kolaborasi ini, memanfaatkan teknologi AI untuk membentuk ekosistem smart house baru dan bersama-sama menciptakan gaya hidup cerdas yang lebih memperkaya bagi semua orang,” tambahnya.

Sementara, Gloria Huang, Wakil Presiden Operasional Tuya Smart, menambahkan, V2 Indonesia sudah memiliki basis pasar dan pelanggan yang luas di Indonesia. Kolaborasi ini membuka peluang memperkenalkan solusi dan produk inovatif Tuya ke pasar Indonesia, sehingga membuka prospek bisnis baru.

“Kami akan terus menggali kebutuhan konsumen lokal, menyempurnakan penawaran kami, memperluas operasi bisnis cerdas kami di negara ini, dan meraih peluang pasar yang akan datang secara bersamaan,” tambahnya. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News