Gandeng Livzon Group, Kalbe Dirikan Anak Usaha dengan Investasi Rp650 Miliar

Gandeng Livzon Group, Kalbe Dirikan Anak Usaha dengan Investasi Rp650 Miliar

Jakarta – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak perusahaannya, PT Global Chemindo Megatrading (GCM) dan Lian SGP Holding Pte.Ltd. (Lian SGP), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Livzon Pharmaceutical Group Inc. China (Livzon Group) hari ini mengumumkan pembentukan perusahaan patungan strategis untuk memproduksi bahan baku obat atau bahan aktif farmasi (API) dengan investasi awal senilai Rp650 miliar.

Perusahaan patungan yang bernama PT Livzon Pharma Indonesia tersebut, akan fokus untuk memproduksi bahan aktif farmasi (API) dan bahan baku farmasi lainnya untuk pasar ekspor, termasuk potensinya di pasar dalam negeri.

Presiden Direktur PT Global Chemindo Megatrading Stanley Handiono Angkasa mengatakan kerja sama ini menjadi bagian dari respon perusahaan terhadap inisiatif Pemerintah Indonesia untuk memperkuat bahan baku aktif farmasi dalam negeri.

Baca juga: Kalbe Farma Targetkan Laba Bersih Tumbuh 15 Persen, Begini Strateginya

“Kami menyambut baik kerja sama dengan Livzon Grup yang merupakan produsen bahan baku obat besar di China merupakan tonggak penting dalam meningkatkan kompetensi kami dalam memproduksi bahan baku aktif farmasi (API),” ujar Stanley dalam keterangan resmi, Selasa, 30 Juli 2024.

Stanley menambahkan, dalam jangka panjang, pembangunan pabrik API di dalam negeri ini akan berkontribusi untuk mengurangi ketergantungan impor dan memperkuat ketahanan kesehatan Indonesia.

Stanley juga menyampaikan bahwa bahan baku aktif farmasi (API) memegang peranan penting dalam industri farmasi, selain untuk memajukan industri farmasi Indonesia, meningkatkan kontribusi ekspor, dan pada akhirnya memungkinkan terjadinya transfer teknologi serta membangun kemampuan penelitian dan pengembangan di Indonesia.

Baca juga: Jaga Pertumbuhan Bisnis, Phapros Siapkan Enam Produk Baru Hasil Riset Internal

CEO Livzon Pharmaceutical Group Tang Yanggang menyatakan perusahaan patungan ini menandai langkah signifikan di dalam strategi Livzon untuk memperluas jangkauan di Asia Tenggara.

“Dengan menggabungkan keahlian teknologi Livzon dengan pengetahuan pasar Kalbe, kami yakin akan mampu menyediakan produk farmasi berkualitas tinggi yang akan berkontribusi bagi sektor kesehatan di Indonesia dan sekitarnya,” ujarnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News