Gandeng Jalin, Bank Mantap dan Nobu Bank Transformasi Teknologi Pembayaran

Gandeng Jalin, Bank Mantap dan Nobu Bank Transformasi Teknologi Pembayaran

Jakarta – PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) resmi menandatangani kontrak kerja sama dengan dua mitra mereka, yakni PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) dan PT Bank Nationalnobu (Nobu Bank), terkait pemanfaatan teknologi pembayaran.

Penandatanganan ini dilangsungkan pada Kamis, 1 Agustus 2024, bertepatan dengan pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital dan Karya Kreatif Indonesia (FEKDI x KKI) 2024. Adapun partisipasi Jalin di FEKDI 2024, sebagai komitmen untuk mendukung transformasi digital di sektor sistem pembayaran yang diusung oleh Bank Indonesia (BI).

Lebih spesifiknya, Bank Mantap bekerja sama dengan Jalin dalam penyediaan layanan Cardless Cash Withdrawal (CCW) dan integrasi switching mobile banking. Sementara, Nobu Bank hendak menggunakan jasa mesin Cash Deposit Machine (CDM) bernama Jalin Cash 360.

Baca juga: Jalin Bakal Luncurkan Cash Deposit Machine untuk Pelaku UMKM

Diungkapkan oleh Ario Tejo Bayu Aji, Direktur Utama Jalin, pihaknya berperan penting untuk menghubungkan masyarakat ke dalam ekosistem finansial serta non-finansial demi mewujudkan jaringan sistem pembayaran yang efisien, aman, dan inklusif. Ini menjadi alasan penting atas kerja sama yang Jalin laksanakan dengan dua mitranya.

“Kerja sama strategis yang kami jalin dengan Bank Mandiri Taspen dan Nobu Bank, serta member lainnya pada ajang FEKDI tahun ini, menunjukkan bagaimana layanan kami dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan industri,” tutur Ario dalam keterangan rilis, dikutip Jumat, 2 Agustus 2024.

“Kami yakin bahwa inovasi dan kolaborasi ini akan memperkuat posisi Jalin sebagai tulang punggung infrastruktur ekosistem sistem pembayaran digital Indonesia, mendukung visi Bank Indonesia dalam membangun masa depan ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan,” tambahnya.

Menurut Putu Apriyanto, Direktur Finance, Risk & Operations Bank Mantap, kolaborasi Jalin dengan Bank Mantap terkait mesin CCW akan memberikan kemudahan yang lebih besar bagi nasabah Bank Mandiri Taspen, terlebih di era digital ini.

Baca juga: Dukung Inovasi Pembayaran, Artajasa Lakukan Sinergi dengan Pelaku Sistem Pembayaran

“Ini memungkinkan mereka untuk melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu fisik dan menikmati interkoneksi serta interoperabilitas yang lebih luas melalui aplikasi mobile banking kami. Ini adalah langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan nasabah di era digital yang terus berkembang,” kata Putu

Hal serupa juga dikatakan oleh Steve Marciano Joe, Chief Operating Officer Nobu Bank. Adanya CDM dari Jalin memainkan peran strategis dalam pengelolaan cash management di ekosistem yang dilayani Nobu Bank.

“Dengan layanan CDM yang disediakan oleh Jalin, Nobu Bank dapat mendukung para merchant nasabah kami untuk melakukan setoran tunai dengan lebih cepat sehingga meningkatkan efisiensi perputaran uang mereka, dan memperkuat citra layanan kami di era digital,” ungkap Steve. (*) Mohammad Adrianto Sukarso

Related Posts

News Update

Top News