Fokus Kejar Kualitas, BCA Digital Tak Agresif Akuisisi Nasabah Baru

Fokus Kejar Kualitas, BCA Digital Tak Agresif Akuisisi Nasabah Baru

BCA Digital
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Digital BCA tengah fokus mengembangkan produk dan fitur aplikasi digital Blu. Anak usaha Bank BCA ini ingin mengejar kualitas dan memastikan pengguna menyukai fitur dan produk yang ditawarkan. BCA Digital memilih tidak jor-joran atau agresif mengakuisisi nasabah baru.

Sejak diluncurkan pertama kali pada Juli 2021 lalu, per 21 April 2022, jumlah pengguna akun blu by BCA Digital mencapai lebih dari 675.900 user. Mayoritas pengguna blu ada di rentang usia 17-25 tahun (44%) dan berdomisili di Jakarta.

Iman Sentosa, Direktur IT dan Operasi BCA Digital mengatakan, saat ini pihaknya fokus mengembangkan produk dan layanan untuk memudahkan customer dalam berbank. BCA Digital tidak hanya sebagai direct digital banking, tapi juga digital banking as a service (BaaS). Dalam akusisi nasabah, BCA Digital memang mengincar nasabah berkualitas.

“User berkualitas itu yang pasti harus punya saldo. Terus rajin pakai kita punya aplikasi, blu by BCA Digital. Mereka juga digital savvy, mereka pakai aplikasinya terus bisa kasih feedback supaya kita perbaiki, improve. Maka kita sangat terbuka dengan masukan-masukan dari nasabah,” jelas Iman di Jakarta, Senin malam, 25 April 2022.

Di kesempatan sama, Duardi Prihandiko, Head of Marketing & Communication BCA Digital mengatakan, BCA Digital memang memilih strategi untuk berfokus ke quality customer. Akuisisi nasabah baru tetap dilakukan secara organik. Sementara di internal perbaikan dan peningkatan produk dan fitur terus dilakukan.

“Mungkin banyak yang bilang blu by BCA Digital tidak terlalu “berasa”. Karena memang kita tidak jor-joran promo dan lain-lain. Memang kita memutuskan tidak akan agresif akuisisi. Meski tidak bisa digeneralisasi, tapi biasanya kalau agresif akuisisi, kualitasnya tidak terlalu baik juga. Maka kami memutuskan untuk fokus memperbaiki produk, supaya orang suka menggunakan aplikasinya dan menjadi quality customer kami,” pungkasnya.

Sebagai informasi, total transaksi uang masuk ke rekening blu by BCA Digital dari bank lain dalam periode Januari 2022 hingga 21 April 2022 mencapai Rp5,1 triliun. Sedangkan total nominal transaksi di blu by BCA per 21 April 2022 mencapai RP23,7 triliun. Total transaksi tarik tunai tanpa kartu di periode sama mencapai Rp87,78 miliar. (*) Ari Astriawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]