Eximbank Fasilitasi Pembiayaan Ekspor Senilai Rp198 miliar

Eximbank Fasilitasi Pembiayaan Ekspor Senilai Rp198 miliar

Wonogiri – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank yang bergerak di bidang pembiayaan ekspor, ikut mendukung program ekonomi kerakyatan. Salah satunya dengan memberikan fasilitas pembiayaan investor ekspor kepada PT Nagabhuana Aneka Piranti.

Direktur Pelaksana II Indonesia Eximbank, Isnen Sutopo mengungkapkan, selama ini fasilitas pinjaman yang diberikan dari Eximbank kepada PT Nagabhuana Aneka Piranti dalam setahun rata-rata senilai kurang lebih Rp198 miliar. Dengan pembiayaan ini diharapkan, Nagabhuana dapat mengolah hasil panen pohon sengon dari masyarakat Wonogiri.

“Selama setahun ini rata-rata, kami memberikan pinjaman hampir Rp200 miliar, yaa kira-kira Rp198 miliar berupa fasilitas pembiayaan investor ekspor untuk sebanyak 4 unit pabrik yang dimiliki PT Nagabhuana Aneka Piranti,” ujar Isnen di Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis, 12 November 2015.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, bahwa Indonesia Eximbank memiliki tugas untuk melakukan pembiayaan yang diutamakan dalam mempertahankan kemampuan industri dalam menyerap tenaga kerja, menumbuhkan multiplier effects ekonomi rakyat dan menumbuhkan chanelling produk Indonesia di pasar ekspor.

Di tempat yang sama, Direktur Nagabhuana Aneka Piranti, Gunawan Wijaya menambahkan, dalam setiap bulannya perusahaan mampu mengekspor 300 kontainer setiap bulannya dengan nilai kurang lebih US$20.000 per kontainer. “Kami ekspor itu paling banyak ke China  90% dan sisanya itu ke Jepang dan Taiwan,” tukasnya.

Sedangkan pasokan bahan baku kayu Sengon ini, kata dia, berasal dari masyarakat sekitar pabrik yang berada dalam Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN). Saat ini ada 3 Gapoktan yang mensupply bahan baku ke  perusahaan dimana masing-masing Gapoktan terdiri dari sekitar 700 kepala keluarga.”Lahan-lahan krisis semakin bisa diselamatkan melalui program sengonisasi dan penduduk berharap menuai hasilnya 4 tahun hingga 5 tahun ke depan sejak penanaman bibit sengon. Tahun ini kami berikan bibit kepada anggota Gapoktan 135.000 hingga 150.000,” ujar Gunawan.

Selain memberikan fasilitas pembiayaan, bentuk dukungan Indonesia EximBank juga diwujudkan dengan membagikan 1 juta bibit sengon yang bekerjasama dengan PT Nagabhuana Aneka Piranti pada 2016. Dimana nantinya, bibit sengon yang sudah menjadi pohon dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk di olah kembali.

Sebagaimana diketahui, PT Nagabhuana Aneka Piranti pada tahun ini juga telah membagi-bagikan 150.000 bibit pohon sengon kepada masyarakat di Wonogiri. Perusahaan Nagabhuana sendiri bergerak di bidang industri furniture, barecore dan plywood atau wood working dengan bahan baku sengon sejak 2013. (*) Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News