Enam Tahun Berkiprah, Modal Rakyat Salurkan Pembiayaan UMKM hingga Rp11,9 Triliun

Enam Tahun Berkiprah, Modal Rakyat Salurkan Pembiayaan UMKM hingga Rp11,9 Triliun

Jakarta Enam tahun perjalanan, Modal Rakyat Indonesia konsisten dalam mendorong kemajuan ekonomi Indonesia dengan fokus memberikan fasilitas pendanaan untuk UMKM. Bahkan, hingga tahun 2022, Modal Rakyat berhasil membantu lebih dari 77 ribu penerima dana dengan menyalurkan pendanaan melebihi Rp5 triliun.

PT Modal Rakyat Indonesia (Perseroan) merupakan sebuah platform Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) yang mempertemukan pendana dengan penerima dana (UMKM).

Dengan aplikasi Modal Rakyat, masyarakat dapat melakukan pendanaan langsung kepada UMKM dengan risiko yang terukur. Perseroan telah melewati proses pendaftaran dan perizinan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta selalu memperbaharui sertifikasi ISO 27001 setiap tahun sejak 2021 sebagai  komitmen perseroan terhadap kepatuhan akan regulasi dan perlindungan data konsumen.

Baca juga: Banyak UMKM Kesulitan Dapat Modal, Ternyata Ini Penyebabnya

Christian Hanggra selaku Direktur Utama Modal Rakyat Indonesia mengatakan, memasuki 2023, perseroan mulai fokus membangun kemitraan dengan ekosistem Fast-Moving Consumer Goods (FMCG), Bahan Bangunan, Agrikultur, dan F&B dengan modal yang kuat sebesar Rp34 miliar.

Kemudian, lanjutnya, pada 2024 Modal Rakyat telah menjadi pionir dalam pendanaan pelaku usaha di Indonesia melalui inovasi teknologi keuangan. Dengan total pinjaman lebih dari Rp11,9 triliun dan lebih dari 500.000 pinjaman

“Perseroan telah menciptakan dampak positif di berbagai sektor industri, termasuk logistik dan makanan-minuman,” jelasnya dikutip dalam keterangan resminya, 29 Maret 2024.  

Melalui konsep embedded finance, Modal Rakyat merangkul ekosistem industri dan menjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan ternama seperti Meratus dan Sari Kreasi Boga.

“Dengan semangat inklusi dan inovasi, kami Modal Rakyat, berkomitmen untuk membuka pintu kesuksesan bagi setiap pelaku usaha di Indonesia, memastikan bahwa tak seorang pun ditinggalkan dalam perjalanan menuju kemajuan ekonomi yang berkelanjutan,” tambahnya.

Modal Rakyat berusaha terus merancang masa depan yang berkelanjutan dengan strategi inovatif dan program-program yang berdaya guna. Modal Rakyat mengutamakan hubungan yang bersinergi dengan berbagai lembaga keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator, untuk memastikan layanan berkualitas dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Bagi Wafa Taftazani selaku Komisaris Modal Rakyat Indonesia, hubungan yang bersinergi dengan regulator dan berbagai lembaga keuangan menjadi fondasi utama dalam keberlangsungan perekonomian di Indonesia.

Baca juga: Menjadi Bekal UMKM Naik Kelas, Begini Cara BRI Tingkatkan Literasi Keuangan Nasabah

“Kami akan terus memastikan bahwa Modal Rakyat beroperasi dengan integritas tinggi dan penerapan prinsip transparansi, sehingga dapat menjadi mitra yang dapat dipercaya bagi masyarakat dan lembaga keuangan di Indonesia,” katanya.  

Melalui strategi inovatif, hubungan yang bersinergi dengan regulator dan lembaga keuangan, serta komitmen terhadap kepatuhan hukum, Modal Rakyat akan membawa dampak positif yang berkelanjutan bagi perekonomian Indonesia. (*)

Related Posts

News Update

Top News