Enam Cara Menjaga Kesehatan Mental 

Enam Cara Menjaga Kesehatan Mental 

Jakarta – Isu kesehatan mental menjadi salah satu isu penting dalam dunia kesehatan saat ini. Perlu upaya tersendiri agar mental tetap sehat di era yang bergerak sangat cepat.

Bukan hanya fisik yang perlu dijaga kesehatannya, kesehatan mental tak kalah penting buat dijaga. Secara definisi, banyak ahli mendefinisikan kesehatan mental sebagai kesehatan dari sisi emosional,psikologis, sosial dan permasalahan mental secara umum.

Dengan mental yang sehat, seseorang akan terhindar dari berbagai permasalahan mental seperti stress, depresi dan berbagai permasalahan sosial manusia. Mental yang sehat juga akan berpengaruh pada cara seseorang berpikir, bertindak dan menangani stress atau tekanan dalam kehidupan seseorang.

Kapan seseorang harus menjaga kesehatan mental? Ternyata kesehatan mental harus dijaga di setiap tahap kehidupan seseorang baik ketika masa kanak-kanak, remaja, dewasa bahkan lasia juga rentan terkena masalah kesehatan mental.

Lalu apa yang harus dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga? Barangkali di setiap usia ada langkah yang tidak sama dengan tahap usia lainnya. Namun, dalam tips kali ini, kita akan membicarakan cara menjaga kesehatan mental untuk orang dewasa. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Mensyukuri kehidupan

Salah satu cara menghindari dan menjaga kesehatan mental adalah dengan banyak mensyukuri kehidupan. Ketika banyak bersyukur, Anda tak lagi banyak mengeluh yang ujung-ujung bisa membuat Anda stress menghadapi kehidupan. pAdahal stress bisa berakibat memburuknya kesehatan mental seseorang.

2. Bersikap dan berpikiran positif

Kunci lain menjaga kesehatan mental adalah dengan bersikap dan berprilaku positif. Dengan sikap yang dan pikiran positif, pikiran menjadi nyaman dan jauh dari perilaku stress dan depresi yang termasuk dalam kategori mental yang buruk.

3. Menghindari stress berlebihan

Selalu ada permasalahan dalam hidup. Siapapun Anda dan seterkenal  apapun Anda. Namun yang membedakan satu orang dengan orang lainnya adalah bagaimana menyikapi sejumlah permasalahan. Apakah tetap tenang atau malah mengalami depresi

4. Memilih lingkungan pergaulan yang sehat

Lingkungan pergaulan yang sehat juga menjadi poin penting. Intinya lingkungan keluarga dan sahabat yang support dan tidak menghakimi.

5. Banyak mendekatkan diri pada-Nya  

Ini tentu saja sudah menjadi kewajiban sebagai umat beragama.Apalagi ketika kita dalam kondisi sulit menghadapi kehidupan. Kedekatan dengan-Nya menghindarkan dari penyakit mental yang membahayakan jiwa raga. 

7. Jaga fisik dan gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat dan makan makanan bergizi tentu wajib hukumnya. Kita juga harus terus menjaga kondisi fisik dan kesehatan kita. Sebagai tambahan, jangan lupa untuk memiliki juga asuransi kesehatan untuk menjaga fisik dan kesehatan kita.

Tugu Insurance menyediakan Tugu Insurance Health Insurance (THIS), yaitu program asuransi kesehatan untuk komersial yang ditujukan kepada kumpulan/perusahaan bagi karyawannya. 

Setelah pihak perusahaan membayar premi 1 tahun, Tugu Insurance memberikan manfaat maksimal program THIS, berupa manfaat medis sesuai dengan jenis dan besarnya manfaat asuransi kesehatan yang terdapat dalam daftar manfaat atas risiko-risiko yang dijamin dalam polis. Selengkapnya di Tugu Insurance.

Related Posts

News Update

Top News