Mobil Dinas Eks Presiden Soekarno Antar Ganjar Mahfud ke KPU, Segini Harga Cadillac Fleetwood 75 Limousine

Mobil Dinas Eks Presiden Soekarno Antar Ganjar Mahfud ke KPU, Segini Harga Cadillac Fleetwood 75 Limousine

Jakarta – Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD resmi mendaftarkan diri sebagai calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2024. Keduanya, tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), sekitar pukul 12.35 WIB, Kamis, 19 Oktober 2023.

Dalam perjalanan menuju KPU, pasangan Ganjar-Mahfud diarak ribuan relawan pendukungnya menggunakan mobil truk terbuka yang dihiasi podium. Menariknya, iring-iringan tersebut dikawal oleh eks mobil dinas kenegaraan.

Baca juga: Perbandingan Kekayaan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Siapa yang Paling Kaya?

Mobil berjenis Cadillac Fleetwood 75 Limousine berwarna hitam bernopol B 2847 STQ itu merupakan tunggangan dinas terakhir Presiden RI Ir. Soekarno sebelum lengser dari jabatannya.

Spesifikasi 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Infobanknews, Cadillac Fleetwood Model 75 itu bertipe limosin dan diproduksi di Amerika Serikat (AS). 

Dimensi mobil ini secara keseluruhan adalah panjang 5677 mm, lebar 2024 mm, tinggi 1440 mm, dan memiliki empat pintu.

Cadillac Fleetwood 75 Limousine ini sudah menggunakan transmisi matik berkapasitas mesin besar yakni 6.700cc V8 dengan kekuatan maksimal mencapai 340 h

Adapun fletwood seri 75 tahun 1964 ini mempunyai suspensi sangat lembut dan telah memiliki power mirror sehingga membantu mengantarkan Bung Karno untuk tugas kenegaraannya. 

Menariknya, Cadillac Fleetwood 75 Limousine menjadi mobil yang sangat populer di kalangan selebriti dan tokoh masyarakat dunia. sejumlah selebriti dunia diketahui pernah mengendarai mobil ini seperti Elvis Presley, Frank Sinatra, dan John F Kennedy. 

Harga

Berdasarkan laman classic.com, saat ini Cadillac Fleetwood 75 Limousine US$ 60.000 – US$ 80.000 atau sekitar Rp950 juta – Rp1,2 miliar.  Nilai yang cukup sepadan dengan nilai historis di dalamnya.

Baca juga: Usai Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD Bakal Benahi Penegakan Hukum di RI

Di Indonesia, eks mobil dinas kepresiden RI ini dimiliki oleh Jimmy, salah satu anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Ia menjadi pemilik keempat mobil sejarah yang dilelang oleh Sekretariat Negara pada tahun 1975. Adapun pemilik pertamanya yaitu Probosutedjo.

Untuk bisa mendapatkan Cadillac Fleetwood 75 Limousine, dirinya mengakui harus merogoh kocek miliaran rupiah meski tak disebutkan secara rinci berapa nominalnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News