Dorong Ekspor, Eximbank dan 11 PTN Bentuk UNIED

Dorong Ekspor, Eximbank dan 11 PTN Bentuk UNIED

Jakarta – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPPI) atau Indonesia Eximbank bersama dengan 11 Perguruan Tinggi Negeri membentuk University Network for Indonesia Export Development (UNIED) atau Jaringan Perguruan Tinggi untuk Pengembangan Ekspor Indonesia.

Pembentukan UNIED ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan antara Indonesia Eximbank dengan 11 PTN yang bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan kerja sama guna mendukung terciptanya kegiatan riset dan pengembangan terkait ekspor nasional, sehingga ke depannya UNIED akan menjadi menjadi centre of excellence ekspor Indonesia.

Adapun penandatanganan dilakukan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank Sinthya Roesly dengan masing-masing Rektor dari Perguruan Tinggi, yang juga disaksikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Riset, dan Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank Sinthya Roesly mengatakan, UNIED dibentuk sebagai wadah bagi perguruan tinggi agar dapat membantu memberikan solusi dalam pengembangan ekspor Indonesia baik sebagai network of knowledge, enabler & fasiIitator, maupun sebagai eksportir.

Sebagai awal pembentukan universitas yang tergabung dalam UNIED yaitu Universitas Gadjathada (UGM), Universitas Indonesia (Ul), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Sumatera Utara (USU). Universitas Hasanuddin (UNHAS), lnstitut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sebelas Maret (UNS). Universitas Riau (UNRI), Universitas Mataram (UNRAM), dan Universitas Udayana (UNUD).

“Diharapkan UNIED dapat menyumbangkan pemikiran segar untuk kemajuan pengembangan ekspor nasional yang mampu menggali potensi ekspor di masing-masing propinsi maupun daerah dimana Universitas anggota UNIED ini berada,” ujarnya di Jakarta, Kamis, 21 Desember 2017.

Selain itu, melalui sinergi ini diharapkan juga pengembangan ekspor nasional dapat berjalan dengan baik dan sejalan dengan peran Indonesia Eximbank dalam rangka mendorong ekspor nasional maupun pengabdian terhadap masyarakat bagi perguruan tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Keuangan, Sri Mulyani menambahkan, dengan dibentuknya UNIED diharapkan adanya kontribusi perguruan tinggi dalam memberikan ide-ide segar melalui topik dan hasiI peneIitian serta pengembangan kinerja ekspor Indonesia.

“Lebih dari itu, kontribusi perguruan tinggi diharapkan turut andiI dalam rangka perumusan kebijakan, regulasi, dan strategi operasional dalam pengembangan ekspor nasional terutama dalam rangka peningkatan daya saing ekspor melalui produk-produk ekspor unggulan indonesia,” ucapnya.

‎Sementara itu, Menristek Mohamad Nasir mengatakakan, bahwa UNIED adalah bentuk kontribusi nyata akademisi dalam meningkatkan perekonomian Indonesia khususnya meIaIui ekspor. Dirinya mendorong agar Universitas Iain dapat segera bergabung dengan forum kerjasama yang digagas oIeh Indonesia Eximbank. (*)

Related Posts

News Update

Top News