Dilantik Jokowi Jadi Menteri ATR/BPN, Segini Kekayaan AHY 

Dilantik Jokowi Jadi Menteri ATR/BPN, Segini Kekayaan AHY 

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (21/2).

Pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN menggantikan posisi Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto yang juga dilantik menjadi Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri untuk mengikuti kampanye Capres-Cawapres di Pemilu 2024.

“Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan Saudara sebagai Menteri ATR/BPN. Saya akan bertanya kepada saudara, bersediakah saudara untuk diambil sumpah?” kata Jokowi kepada AHY saat disumpah sebelum dilantik.

“Bersedia,” jawab AHY tegas.

Baca juga: Intip Kekayaan Budi Gunawan, Kepala BIN yang ‘Disentil’ Mantan KSAD Dudung

Jokowi pun lantas membacakan sumpah pelantikan kepada AHY saat dilantik menjadi Menteri ATR/BPN dan bersedia menjalankan tugasnya sesuai undang-undang.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya, akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi diikuti AHY.

Terlepas dari posisi Menteri ATR/BPN yang dijabat AHY, publik pun penasaran dengan sosok AHY. Termasuk mengenai harta kekayaan sang putera mahkota Cikeas tersebut. 

Harta Kekayaan AHY

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), diketahui AHY memiliki harta kekayaan mencapai Rp20.405.125.024.

Harta kekayaan tersebut dilaporkan AHY saat ikut kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 bersama Sylviana Murni.

Tercatat, AHY mempunyai dua bangunan serta dua tanah yang berlokasi di Jakarta Selatan dan Bogor dengan total Rp6,772 miliar. 

Baca juga: Segini Kekayaan Maruarar Sirait yang Pilih Mundur dari PDI Perjuangan dan Setia ke Jokowi

Putra sulung SBY tersebut juga memiliki harta kekayaan bergerak, mobil Toyota Vellfire senilai Rp550 juta.

Selain itu, dirinya memiliki satu usaha di PT Exquisite Indonesia dengan nilai jual Rp360 juta.

AHY juga tercatat memiliki logam mulia hingga batu mulia dengan total Rp688 juta. Kemudian, giro dan setara kas dengan jumlah Rp6,92 miliar. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News