Dibuka Menguat 16.155/US$, Rupiah Saatnya Bangkit

Dibuka Menguat 16.155/US$, Rupiah Saatnya Bangkit

Jakarta – Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada pagi hari ini (30/3) dibuka menguat pada level 16.155/US$ bila dibandingkan Jumat minggu sebelumnya (27/3) di level 16.170/US$.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi kepada infobanknews menjelaskan optimisme pasar global semakin menggebu saat Pemerintahan AS resmi mengeluarkan paket stimulus sebesar US$ 2 triliun yang telah di tandangani oleh DPR AS.

“AS kini telah mengambil alih posisi China untuk kasus yang paling dikonfirmasi di seluruh dunia, karena infeksi virus corona di New York terus melonjak, sehingga Pemerintah harus menyiapkan dana konvensasi yang begitu besar,” jelas Ibrahim di Jakarta, Senin 30 Marer 2020.

Di sisi lain, negara-negara anggota G-20 dalam pertemuan Minggu lalu berjanji akan menggelontorkan dana sebesar US$ 5 Triliun yang bertujuan untuk menggeliatkan roda ekonomi akibat dampak dari wabah virus corona sehingga ekonomi bisa stabil kembali.

Selain itu, di dalam negeri guna untuk menghindari virus corona terus meningkat maka Pemerintah sudah melakukan biaya konvensasi yang terkena dampak virus corona serta menunda pembayaran leasing satu tahun.

Menurutnya, ke depan Pemerintah harus mengijinkan suatu wilayah melakukan lockdown terbatas bisa saja dengan ruang lingkup yang sempit seperti Kabupaten/Kotamadya, Kecamatan, bahkan Kelurahan.

Saat ini, di wilayah jawa tengah sudah melakukan antisipasi dengan uji coba LOCK DOWN di Kotamadya Tegal dan di Kecamatan Bantarkawung Kab.Brebes dengan pengawasan yang ketat di perbatasan dengan Kecamatan Bumiayu tepatnya di dukuh Buaran.

“Apa yang dilakukan oleh kota Tegal dan Kec. Bantarkawung ini bisa di lakukan di kota-kota lainnya sehingga ketakutan masyarakat mengenai virus corona tam akan berlangsung lama, antara 6 hingga 12 bulan maka dengan kerjasama yang apik dengan berbagai pihak epidemi virus corona bisa terselesaikan dengan 3-4 bulan,” jelasnya.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (30/3) kurs rupiah berada pada posisi Rp16.336/ US$ atau terlihat melemah dari posisi Rp16.230/US$ pada perdagangan Jumat kemarin (27/3). (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News