DBS Foundation Hibahkan Rp8,2 Miliar untuk 4 UKM Indonesia

DBS Foundation Hibahkan Rp8,2 Miliar untuk 4 UKM Indonesia

Jakarta – Anak perusahaan DBS Bank, yakni DBS Foundation resmi mengumumkan empat usaha kecil menengah (UKM) yang akan memperoleh dana hibah, usai mengikuti agenda Business for Impact Grant Award Programme 2023.

Dana hibah tersebut totalnya mencapai SGD710 ribu, atau sekitar Rp8,2 miliar. Adapun empat UKM yang meraih dana hibah ini, yaitu Nafas, Magalarva, Plana, dan Liberty Society. Semua UKM ini bergerak di sektor lingkungan.

Menurut Head of Group Strategic Marketing & Communications DBS Indonesia, Mona Monika, UKM yang terpilih untuk mendapat dana hibah adalah UKM yang dianggap bisa membawa dampak dan perubahan, baik itu dari sektor lingkungan, sektor pendidikan, dan sektor-sektor lainnya.

Baca juga: Jebakan Utang Versus UMKM Naik Kelas

“Objektif DBS Foundation itu adalah menumbuhkan dan mengembangkan bisnis-bisnis yang memberikan dampak, terutama di Asia dan tempat DBS beroperasi. Indonesia adalah salah satunya,” terang Mona pada Kamis, 29 Februari 2024.

Dengan demikian, proses keempat UKM hingga mendapatkan dana hibah ini panjang, di mana mereka harus bersaing dengan UKM dari dalam negeri, yang jumlahnya mencapai 200 aplikan. Bahkan, 4 UKM ini juga harus berkompetisi dengan pesaing dari negara lain.

Mona berujar, bahwa acara tahunan ini belum tentu menghasilkan sampai 4 pemenang dari Indonesia. Untuk itu, ia mensyukuri keberhasilan UKM-UKM ini karena mampu melewati proses yang panjang hingga bisa memperoleh dana hibah dari DBS Foundation.

“Alhamdulillah, kali ini ada 4 perusahaan dari Indonesia yang berhasil memenangkan (dana hibah). Dan itu tidak mudah untuk bisa bertarung dengan mereka (negara lain),” lanjut Mona.

Lebih lanjut, Mona mengungkapkan bahwa agenda ini merupakan salah satu bentuk DBS Bank mewujudkan ekosistem berkelanjutan, yang sudah menjadi visi dan misi mereka. Agenda ini merupakan bagian dari pilar kerja mereka, yakni impact beyond banking.

“Ini adalah salah satu kegiatan dari DBS Foundation, di mana kita mencoba memberikan dampak di luar bisnis perbankan,” tuturnya.

Baca juga: Berkat Pendampingan LPEI, UMKM Asal Bogor Ini Berhasil Ekspor ke Singapura hingga Australia

Selain memberi dana hibah, DBS Foundation juga memberikan edukasi terhadap pelaku bisnis mengenai berbagai topik, salah satunya adalah sustainability. Mona menekankan, kalau DBS Bank akan tetap memberikan kontribusi terhadap ekosistem berkelanjutan.

“Kita berusaha untuk makes sure bahwa kita memberikan dampak tidak hanya dari secara ekonomi, tetapi juga secara sosial dan lingkungan,” tutup Mona. (*) Mohammad Adrianto Sukarso

Related Posts

News Update

Top News