Daya Beli Anjlok, Kebutuhan Skincare Masih jadi Primadona Gen Z

Daya Beli Anjlok, Kebutuhan Skincare Masih jadi Primadona Gen Z

Jakarta – Di tengah kondisi daya beli menurun, kebutuhan skincare masih menjadi primadona bagi generasi Z (Gen Z). Di mana, generasi satu ini masih menjadikan skincare sebagai salah satu pengeluaran yang tidak dipangkas. 

“Di tengah tekanan ekonomi, Gen Z tetap menempatkan perawatan kulit sebagai prioritas,” kata Founding Chairman Indonesia Industry Outlook Yuswohady dalam acara Indonesia Industry Outlook (IIO) 2025, Rabu, 23 Oktober 2024.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Inventure September 2024, di antara berbagai kategori pengeluaran gaya hidup, perawatan kulit tetap menjadi prioritas utama bagi Gen Z.

Baca juga : Ini Dia 5 Produk Skincare Termahal Asal Israel

Dalam temuan tersebut, terlihat bahwa pengeluaran terkait produk skincare dasar seperti cleanser, toner, dan moisturizer termasuk dalam kategori yang paling sedikit dipangkas. Gen Z juga cenderung mempertahankan pengeluaran untuk perawatan tubuh dasar seperti lotion dan sunblock

Menurutnya, hal ini menunjukkan betapa pentingnya aspek ‘penampilan’ dan ‘perawatan diri’ dalam gaya hidup mereka, khususnya yang berkaitan dengan 4S (Sugar, Skin, Sun, dan Screen).

“Di mana ‘Skin‘ mendapatkan perhatian yang lebih besar dibandingkan kategori lainnya,” jelasnya.

Hal ini dikonfirmasi juga oleh Kilala Tilaar, CEO Martha Tilaar Group mengatakan, semenjak pandemi produk-produk terkait perawatan atau skincare mengalami kenaikan.

Di mana, dari yang sebelumnya lebih ke decorative/make up menjadi perawatan kulit. Bahkan skincare saat ini sudah menjadi kebutahan sehari-hari terutama di Gen Z. 

Baca juga : Riset: Budaya Nongkrong Kelas Menengah Bertahan di Tengah Krisis Daya Beli

“Artinya, kebutuhan mereka untuk merawat diri melalui produk skincare mengalami kenaikan, sehingga dampaknya pemain di industri ini pun ikut naik hingga 10x lipat, dari yang awalnya red ocean menjadi black ocean saking padatnya,” ungkap pria yang akrab dipanggil Kiki. 

Fenomena ini juga tercermin dari hasil riset Inventure yang mengungkap mengenai produk beauty dan personal care yang paling kecil dipangkas dan tidak prioritas dipangkas oleh Gen Z adalah parfum, produk perawatan tubuh, sunscreen dan produk perawatan rambut. 

Sementara, untuk produk yang prioritas dan paling besar dipangkas untuk kategori produk beauty dan personal care adalah produk perawatan kuku dan nail polish. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News