Dato Sri Tahir Dianugerahi ‘Best Philanthropy Awards 2023’

Dato Sri Tahir Dianugerahi ‘Best Philanthropy Awards 2023’

Jakarta – Founder dan Chairman Mayapada Group, Dato’ Sri Prof Dr Tahir MBA menerima penghargaan “Best Philanthropy Awards 2023” dari Warta Ekonomi. Tahir menerima penghargaan untuk kategori “Contribution for International and National Several Sectors”.

Penghargaan diterima oleh Jonathan Tahir, Chairman Mayapada Hospital yang juga putra Dato’ Sri Tahir. Penghargaan diberikan oleh CEO & Pemred Warta Ekonomi Muhammad Ihsan di Kempinski Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis, 9 November 2023.

Dalam kata sambutannya, Jonathan mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan untuk ayahnya sebagai filantropis. Menurut dia, ayahnya adalah sosok yang menjadi inspirasi dan kebanggaan bagi keluarganya, khususnya dalam aktivitasnya sebagai filantropis.

Baca juga: Keren! Dato’ Sri Tahir Donasi Rp7,5 Miliar untuk Rumah Sakit di Gaza Palestina

“Dalam observasi saya, Bapak aktif sebagai filantropis bukan karena passion atau mood. Bagi Bapak, berbagi dengan orang lain yang membutuhkan adalah sebuah kewajiban,” ujar Jonathan.

Karena sebuah kewajiban, kata Jonathan dalam kondisi apapun harus dijalankan. “Saat perusahaan sedang baik, atau saat perusahaan sedang tidak baik, berbagi dengan orang lain harus tetap dilakukan,” tandasnya.

Hal itulah, kata dia, yang selalu disampaikan Tahir kepada keluarganya. “Menurut Bapak, apa yang kita ambil dari masyarakat harus dikembalikan ke masyarakat. Itu yang menjadi visi dan ilham bagi Bapak sebagai filantropis,” ujarnya.

Pada malam pemberian penghargaan tersebut, Dato Sri Tahir sedianya akan hadir langsung menerima penghargaan. Namun, berhalangan karena sedang menunggui keluarga yang sedang dirawat di rumah sakit.

Dalam catatan Infobanknews, Dato’ Sri Tahir secara rutin memberikan donasi kepada masyarakat yang sedang tertimpa musibah, baik masyarakat di dalam negeri maupun di luar negeri. “Semua yang datang dari masyarakat, kita kembalikan ke masyarakat dan lingkungan,” kata Dato’ Sri Tahir kepada Infobanknews.

“Orang tua saya menjadi inspirasi hingga saat ini,” lanjut Tahir ketika ditanya siapa yang menginspirasi sehingga menganggap filantropi seperti sebuah kewajiban.

Yang terbaru, bulan Oktobet 2023 lalu, Dato’ Sri Tahir memberikan donasi untuk rumah sakit Indonesia di Jalur Gaza, Palestina. Tahir memberikan donasi melalui Kedubes Palestina di Jakarta senilai Rp7,5 miliar.

“Melalui televisi saya memantau perkembangan konflik di Gaza. Saya merasa sangat sedih melihat penderitaan para korban. Donasi yang kita berikan merupakan wujud kepedulian masyarakat Indonesia kepada para korban,” ujarnya, saat menyerahkan donasi.

Sebagai informasi, Best Philanthropy Awards diselenggarakan oleh Warta Ekonomi untuk memberikan apresiasi kepada para filantropis terbaik atas komitmen dan kontribusi dalam memberdayakan dan memperkecil kesenjangan sosial-ekonomi masyarakat.

Philanthropy Awards 2023 mengambil tema “Implementasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial dan Penjagaan Kelestarian Lingkungan dalam Pencapaian SDGs 2030″‘. Gelaran tersebut diharapkan agar masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang memiliki kesetaraan akses dan kesempatan untuk lebih berdaya dan hidup sejahtera.

Baca juga: Jokowi Groundbreaking RS Mayapada di IKN, Segini Total Investasinya

“Kami mengharapkan bahwa dengan langkah filantropis yang dilakukan Bapak Ibu dengan memberi kail ini, bisa sangat membantu Indonesia keluar dari kemiskinan. Dengan kata lain saya ingin menyampaikan bahwa eksistensi filantropis melengkapi ekosistem perekonomian kita untuk membantu mempercepat pemerataan keadilan sosial dan ekonomi di Indonesia,” Muhammad Ihsan dalam sambutannya.

Untuk Philanthropy Awards 2023, selain Dato’ Sri Tahir, filantropis nasional yang juga menerima penghargaan antara lain founder Astra Group TP Rachmat, CEO Trans Media Chairul Tandjung, dan pendiri Lippo Group Mochtar Riady. (*) DW

Related Posts

News Update

Top News