Daftar Mi Instan RI yang Ditarik Peredarannya di Luar Negeri

Daftar Mi Instan RI yang Ditarik Peredarannya di Luar Negeri

Jakarta – Taiwan dan Malaysia telah menarik produk mi instan Indomie Rasa Ayam Spesial produksi PT Indofood Sukses Makmur Tbk karena menemukan kandungan zat berbahaya pemicu kanker.

Berdasarkan hasil pengujian lab pihak Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Taiwan, Indomie Rasa Ayam Spesial disebut mengandung etilen oksida atau senyawa kimia yang bisa memicu limfoma dan leukemia.

Di mana, etilen oksida ditemukan di paket bumbu Indomie Rasa Ayam Spesial. Pihak Kemenkes pun langsung memerintahkan para pengecer untuk menarik produk tersebut dari toko.

Hal yang sama juga terjadi di Malaysia. Di sana, Kemenkes setempat telah menarik produk Indomie yang diimpor dari Indonesia.

Rupanya, sebelum kasus penarikan Indomie di Taiwan dan Malaysia terjadi, sejumlah produk mi instan asal Indonesia pernah mengalami hal serupa. Apa saja?

  1. Mie Sedaap Soto dan Mie Sedaap Curry

Dua produk mi instan, yakni Mie Sedaap Soto dan Mie Sedaap Curry pernah ditarik dari peredaran pada Oktober 2022 lalu oleh Badan Pangan Singapura (SFA.

Hal ini karena ditemukan zat mengandung etilen oksida. Penarikan tersebut berlaku bagi Mie Sedaap Soto dengan kadaluwarsa 11 Desember 2022 dan Mie Sedaap Curry yang kadaluwarsa pada 22 Februari  2023.

SFA menegaskan, akan terus melakukan pengujian peraturan produk mie instan Mie Sedaap lainnya dan bekerja dengan importir dan otoritas Indonesia untuk menyelidiki dan memperbaiki penyebab kontaminasi etilen oksida.

2. Mie Sedaap Korean Spicy

Varian lain yang ditarik pihak SFA yakni mi instan Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken lantaran mengandung pestisida.

Penarikan berlaku bagi produk Korean Spicy Soup dengan masa kedaluwarsa 17 Maret 2023. Sementara, Mie Sedaap Korean Spicy Chicken berlaku untuk produk dengan masa kedaluwarsa 21 Mei 2023.

Tak hanya di Taiwan, penarikan Mie Sedaap varian Korean Spicy Chicken juga ditarik dari Hong Kong menyusul temuan kandungan pestisida dan etilen oksida. Temuan tersebut diungkap Center for Foods Safety (CFS) Hong Kong pada September 2022 lalu.

3. Mie Sedaap Goreng Rasa Ayam Pedas Korea

CFS juga pernah menarik produk Mie Sedaap Goreng Rasa Ayam Pedas Korea dari peredaran. Hal ini karena produk tersebut mengandung etilen oksida, pada September 2022.

Di mana, diberlakukan untuk masa kadaluarsa tanggal 19 Mei 2023. Meski begitu, pihak Wings Group Indonesia menyatakan bahwa produk Mie Sedaap tidak menggunakan bahan etilen oksida.(*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News