Citigroup Mau PHK Massal di November 2023

Citigroup Mau PHK Massal di November 2023

Jakarta – Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) masih menerpa sektor perbankan. Terbaru, Citigroup akan mengumumkan pemangkasan terhadap karyawannya pada November 2023 mendatang.

Dinukil Reuters, Jumat (6/10), informasi PHK massal tersebut berasal dari memo yang dikirimkan Kepala HRD Citigroup (C.N) Sara Wecter kepada karyawan.

Baca juga: Proses Akuisisi Consumer Banking Citibank Oleh UOB Tinggal Selangkah Lagi

Dalam keterangannya, ia menyebut secara terang-terangan adanya peran baru yang mungkin akan diciptakan serta peran yang tidak sesuai dengan struktur baru perusahaan akan dihilangkan.

“Adanya lapisan perubahan selanjutnnya ini dijadwalkan akan segera diumumkan pada bulan November,” ungkap Sara.

Ia mengatakan, karyawan yang pekerjaannya diberhentikan bisa saja memenuhi syarat untuk melamar posisi lain. Adapun, perusahaan akan menawarkan pesangon dan periode pemberitahuan apabila memenuhi syarat.

Saat dikonfirmasi kabar PHK, para pemimpin bank di Citigroup mengatakan, pemangkasan tersebut fokus kepada fungsi pekerjaan dan geografi tetapi tidak memberi keterangan lebih rinci.

Baca juga: Bisnis Anjlok, Citigroup Kembali PHK Massal Karyawan di London

Citigroup sendiri diketahui, telah mengadakan pertemuan dengan para direktur pelaksana pada hari Rabu (4/10). Para eksekutif membahas berbagai langkah yang diuraikan dalam memo Wechter.

Diketahui, per akhir kuartal II/2023, Citi memiliki 240.000 karyawan. Apabila dibandingkan dengan bank lain seperti Bank of America, hanya  mempunyai jumlah karyawan sekitar 216.000 dan Wells Fargo sebesar 234.000.

Adapun, Citigroup melaporkan pada kuartal II/2023,  laba bersih perusahaan turun 36 persen menjadi US$2,92 miliar, yang melampaui proyeksi para analis. (*)

Related Posts

News Update

Top News