Citi Indonesia Kucurkan Pembiayaan Berkelanjutan ke Coca-Cola, Segini Nilainya

Citi Indonesia Kucurkan Pembiayaan Berkelanjutan ke Coca-Cola, Segini Nilainya

Jakarta – Citibank, N.A., Indonesia (Citi Indonesia) memberikan pembiayaan berkelanjutan kepada Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) senilai USD30 juta melalui program Sustainable Supply Chain Finance (SSCF) dalam mengakselerasi pembiayaan berkelanjutan.

Hal ini disepakati dengan melakukan penandatanganan kesepakatan pembiayaan rantai pasok berkelanjutan dalam mendukung agenda keberlanjutan kedua perusahaan.

Citi Country Officer, Citi Indonesia, Batara Sianturi mengatakan program SSCF ini dapat membantu klien dari Citi Indonesia mencapai tujuan keberlanjutan, sekaligus mendukung pemasok dengan pemberian insentif pada suku bunga yang dikenakan, saat berupaya memenuhi tujuan utama keberlanjutan.

Baca juga: Citibank Dukung Pembiayaan Berkelanjutan, Ini Buktinya

“Dengan peluncuran ini, Citi Indonesia telah memperkuat hubungan jangka panjang kami dengan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia untuk mendukung agenda keberlanjutan mereka. Pencapaian ini menunjukkan komitmen kami terhadap pembiayaan berkelanjutan dan keyakinan kami akan potensinya untuk membentuk kembali lanskap kuangan di Indonesia sekaligus menjalankan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan,” ungkap Batara dalam konferensi pers, Senin 16 Oktober 2023.

Batara menjelaskan, program Supply Chain Finance (SCF) memberikan manfaat kepada perusahaan dan pemasoknya dimana program ini memprioritaskan posisi modal kerja mereka. Melalui program SCF, Citi memberikan pembiayaan kepada pemasok dari klien bank, sejak tanggal penerimaan barang/penyediaan layanan tertentu hingga tanggal jatuh tempo pembayaran kepada pemasok.

“Biaya pembiayaan ini ditanggung oleh pemasok dengan tarif yang lebih rendah dibandingkan biaya dana biasanya. Sehingga pemasok dapat memperoleh manfaat berupa percepatan arus kas, pembayaran yang dipercepat, dan penurunan beban pembiayaan,” jelasnya.

Head of Treasury and Trade Solutions, Citi Indonesia Yoanna Darwin melalui kesepakatan ini Citi Indonesia memberikan pembiayaan berkelanjutan senilai USD30 juta.

“Terkait dengan jumlah pinjaman ini secara keseluruhan ada di sekitar USD ekuivalen hampir mendekati USD30 juta, dengan tenor sampai dengan 90 hari,” jelas Yoanna.

Baca juga: Dukung Prinsip Berkelanjutan, Ini yang Dilakukan Bank BTPN 

Presiden Direktur Coca-Cola Europacific Partners Indonesia & Papua New Guinea, Xavi Selga mengatakan program SSCF sebagai kolaborasi yang sangat penting dalam rangka meningkatkan upaya keberlanjutan bersama.

“Kemitraan ini tidak hanya memperkuat komitmen untuk memajukan praktik-praktik berkelanjutan di seluruh rantai pasokan kami, namun juga mendukung para pemasok kami dengan opsi finansial yang praktis dan mudah diakses. Kami sangat percaya bahwa bisnis yang berkelanjutan adalah bisnis yang tepat. Bersama dengan Citi, kami memberikan dampak positif dan mendorong perubahan menuju praktik-praktik berkelanjutan,” ujar Xavi. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News