Citibank Dukung Pembiayaan Berkelanjutan, Ini Buktinya

Citibank Dukung Pembiayaan Berkelanjutan, Ini Buktinya

Jakarta – Citi Indonesia (Citibank) terus mendukung pembiayaan berkelanjutan atau ESG (environmental, social, and government). Selama semester I 2023 telah melakukan penerbitan obligasi hijau (green bond) perdana untuk PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) senilai USD400 juta.

“Penerbitan obligasi hijau tersebut dengan tenor lima tahun di Mei 2023. Transaksi ini menjadi obligasi hijau pertama yang diterbitkan untuk klien korporasi di wilayah ASEAN sejak tahun 2022,” ujar Batara dalam Pemaparan Ekonomi dan Kinerja Keuangan Citi Indonesia, Kamis 10 Agustus 2023.

Baca juga: Semester I-2023 Laba Citibank Melesat 54 Persen jadi Segini

Selain itu, Citibank juga berpartisipasi sebagai arranger dalam penyediaan kredit hijau (green loan) perdana senilai USD750 juta dengan tenor lima tahun untuk PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PT PLN) pada April 2023. 

“Partisipasi ini menunjukkan kepemimpinan Citi di pasar pembiayaan berkelanjutan seraya menanggapi meningkatnya permintaan investor untuk produk keuangan berkelanjutan,” pungkas Batara.

Batara juga menambahkan, pihaknya akan terus memperkuat pembiayaan berprinsip ESG di sektor publik maupun perusahaan lokal. Meskipun masih berfokus pada sisi environmental, tetapi Citibank juga akan melakukan transaksi di sisi sosial financing-nya.

Baca juga: Crowe Indonesia Siap Hadapi Tantangan Global di Era Bisnis Keberlanjutan

“Kita melihat bahwa yang harus dilihat bahwa portofolio itu akan rebalance juga, jadi saya rasa bukan hanya dari sisi bank tapi juga sisi klien mereka juga mulai me-rebalancing portofolio,” ungkapnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News