Cerita Anggota DPR Indah Kurnia Sejak SD Mampu Biayai Sekolah dari Hasil Menyanyi

Cerita Anggota DPR Indah Kurnia Sejak SD Mampu Biayai Sekolah dari Hasil Menyanyi

Bali – Semua berawal dari bernyanyi. Bakat bernyanyi menjadi bagian penting dari kesuksesan Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia. Bakat itu pula yang mengantarkannya menjadi bankir, sebelum melenggang ke parlemen.

Di hadapan ratusan wanita peraih Infobank Most Outstanding Women 2024, Indah mengaku bersyukur mendapatkan anugerah bakat menyanyi. Bakat itu membuat hidupnya lebih mudah dan menyenangkan. Bahkan, sejak SD ia sudah bisa membiayai pendidikannya sendiri dari hasil bernyanyi. Tentu itu juga tidak lepas dari kemampuannya dalam mengelola keuangan dengan bijak.

“Sejak SD saya bayar sekolah sendiri. Ketika SMP, honor nyanyi saya sekali tampil Rp3.000. Sedangkan iuran sekolah saya di SMP 1 Surabaya Rp1.000. Setiap bulan kan pasti saya nyanyi lebih dari sekali. Jadi sejak kecil saya sudah mengelola keuangan dengan bijak dan mampu membiayai sekolah sendiri,” ujarnya saat sharing di acara Infobank Most Outstanding Women 2024 di The Stones Hotel, Bali, Sabtu, 1 Juni 2024.

Baca juga: Friderica ‘Kiki’ Widyasari Bocorkan 3 Rahasia Kunci Sukses Wanita Muda dalam Berkarier

Pada akhirnya, bakat menyanyi itu pula yang membuka jalan Indah menjadi bankir. Selepas menuntaskan SMA di SMA 5 Surabaya, dia melanjutkan pendidikan di Akademi Perbankan Indonesia. Kegiatan bernyanyi tetap dia jalani.

“Belum lulus kuliah, saya direkrut Bank Central Asia (BCA). Satu band dulu masuk BCA karena BCA nyari penyanyi. Bahkan ada teman satu bank itu yang bikin marsnya BCA,” tambahnya.

Kariernya sebagai bankir terus merangkak naik. Beberapa tahun kemudian, ia menempati posisi kepala cabang. Selanjutnya ia juga mempunyai catatan sukses di bidang olahraga. Indah tercatat sebagai manajer wanita pertama di Indonesia yang berhasil menjadi juara Liga Indonesia bersama Persebaya. Keberhasilannya berlanjut di dunia politik.

Baca juga: Tak Bisa Dinego, Srikandi Ini Ungkap Pentingnya Pendidikan bagi Wanita

“Sampai akhirnya PDIP datang ke saya menawari untuk bergabung. Saya masuk dan ikut pemilihan legislatif 2009 nomor urut 3. Dulu MK memutuskan sistem suara terbanyak. Saat itu mas Guruh Soekarno Putra dan Indah Kurnia berangkat ke parlemen,” tutur Indah.

Sejak saat itu, Indah terpilih menjadi anggota DPR RI selama 3 periode. Pada pemilu tahun ini, ia kembali terpilih untuk periode ke-4.

“Kuncinya perempuan harus percaya diri. Selain itu juga tentu punya kompetensi dan membangun networking,” ujarnya. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News