Cadangan Devisa RI Naik US$4,23 Miliar

Cadangan Devisa RI Naik US$4,23 Miliar

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi cadangan devisa Indonesia akhir Desember 2017 tercatat sebesar US$130,20 miliar, atau meningkat US$4,23 miliar bila dibandingkan dengan posisi akhir November 2017 yang sebesar US$125,97 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusma mengatakan, peningkatan tersebut terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa, antara lain berasal dari penerbitan global bonds pemerintah serta penerimaan pajak dan devisa ekspor migas bagian pemerintah.

“Penerimaan devisa tersebut melampaui kebutuhan devisa terutama untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas jatuh tempo,” ujar dia dalam keterangannya, di Jakarta, Senin, 8 Januari 2018.

Menurutnya, posisi cadangan devisa pada akhir Desember 2017 tersebut cukup untuk membiayai 8,6 bulan impor atau 8,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“BI terus menjaga kecukupan cadangan devisa guna mendukung terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Hal ini didukung oleh kondisi perekonomian domestik yang tetap positif, kinerja ekspor yang membaik, dan perkembangan pasar keuangan global yang kondusif,” ucapnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News