BUMD Dituntut Inovatif dan Kreatif Agar Mampu Berkontribusi ke Perekonomian

BUMD Dituntut Inovatif dan Kreatif Agar Mampu Berkontribusi ke Perekonomian

Jakarta – Inovasi sangatlah penting bagi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) agar dapat terus tumbuh dan berkembang. BUMD sendiri merupakan aset milik pemda (pemerintah daerah), maka dari itu BUMD harus inovatif, sehingga dapat mendukung pembangunan merata untuk Indonesia yang lebih maju.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga S. Uno, meminta agar BUMD terus berinovasi dan berkontribusi dalam perekonomian, agar mendorong kebangkitan ekonomi nasional. Maka dari itu, kata Sandiaga, diperlukan sinergi yang kuat antara BUMD dengan lembaga lain, seperti dengan BUMN, pihak swasta.

“Demi mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia, kita memperkuat sinergi antara BUMD dengan lembaga lain, seperti dengan BUMN, pihak swasta, dan butuh peran serta dari Pemerintah Daerah juga. Dan perlu program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu,” ujar Sandiaga dikutip 6 April 2023.

Sementara itu, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni menambahkan, bahwa peran BUMD sangatlah besar dalam perekonomian. Hal yang perlu dilakukan adalah pertama, mengembangkan aktivitas bisnis untuk meningkatkan pendapatan dan memperkuat sektor riil. Kedua, meningkatkan dan fokus pada produk-produk unggulan BUMD  yang menjadi kekuatan daerah.

Lalu ketiga, mendorong perekonomian daerah agar mempermudah akses usaha seluas-luasnya terutama pada  pelaku usaha UMKM, ultra mikro dan usaha kecil lainnya.

Kemudian yang keempat, BUMD perlu memiliki produk unggulan yang dikenal dan dipergunakan luas oleh masyarakat. Kelima, memperluas jaringan distribusi, dan terakhir yang keenam, memaksimalkan peran BUMD sebagai saluaran pelayanan publik dan penggerak pereknomian di daerah serta penyumbang PAD.

Untuk mendorong BUMD terus berkinerja baik, penghargaan Top BUMD Awards 2023 pun digelar. Penghargaan tersebut diberikan kepada BUMD yang telah sukses melewati proses penilaian dalam beberapa tahap. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 800 orang. Antara lain petinggi BUMD pemenang penghargaan tersebut, para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan, para pakar bisnis, dan lain-lain.

Dalam Top BUMD Awards 2023, terdapat delapan BUMD yang menerima penghargaan Golden Trophy, yakni BUMD yang meraih penghargaan level Bintang 5 selama Tiga tahun berturut-turut. Mereka adalah Bank Sumsel Babel, Perumda Air Minum Kota Padang, RSUD Dr Iskak Tulungagung, Bank NTB Syariah, Bank Sumut, Perumda Tirtanadi Sumatera Utara, Jamkrida Bali Mandara (Perseroda), BPR BKK Kendal (Perseroda).

Selain itu, ada banyak BUMD terbaik di Indonesia yang meraih penghargaan level Bintang 5, di antaranya adalah  Perumdam Tirta Kerta Raharja Kab. Tangerang, RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang, Bank Papua, Perumda Air Minum Giri Nawa Tirta Kab. Pasuruan, PT Sriwijaya Mandiri Sumsel (Perseroda), PT Sarana Pembangunan Riau, Bank Jatim, Perumdam Tirta Taka Kab. Nunukan, Perusda Melati Bhakti Satya, Perumda Tirta Uli Kota Pematang Siantar, Jamkrida Jatim, Perumda Tuah Sekata.

Kemudian ada Perumda Air Minum Apa’ Mening Kab Malinau, Perumda Pembangunan Sarana Jaya Jakarta, Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi, Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo, Bank Sultra, BPR Jawa Timur, Bumi Siak Pusako, Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu, Perumda Paljaya, PT Air Minum Berkah Banua (Perseroda), PT Bangun Banua Kalimantan Selatan, Bank Kalbar, Bank Bengkulu, Perumdam Tirta Baribis Kabupaten Brebes, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, RSUD Tarutung Tapanuli Utara, PT Sumsel Energi Gemilang (Perseroda), RSUD Palembang Bari dan beberapa BUMD lainnya yang meraih penghargaan Bintang 5, Bintang 4, dan Bintang 3.

Kegiatan Top BUMD Awards, diselenggarakan untuk mendukung pelaksanaan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang di dalamnya mengatur mengenai maksud dan tujuan didirikannya BUMD, dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 54 Tahun 2017 tentang BUMD, yang didalamnya mengatur tentang tata cara pengelolaan BUMD. (*)

Related Posts

News Update

Top News