Buka Banten Halal Festival Ramadhan, Wapres Minta Pengembangan RI Jadi Pusat Halal Dunia Dipercepat

Buka Banten Halal Festival Ramadhan, Wapres Minta Pengembangan RI Jadi Pusat Halal Dunia Dipercepat

Banten – Dalam menjawab tantangan pembangunan serta memajukan ekonomi dan keuangan syariah hingga ke tingkat global, Indonesia harus terus memperkuat perannya sebagai pemain kunci dalam perdagangan produk halal dunia.

Demikian dikatakan Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin saat membuka acara Banten Halal Festival Ramadhan 2024 di Menara Syariah, Pantai Indah Kapuk 2, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten pada Selasa (2/4/2024).

Menurutnya, dalam konteks pengembangan ekonomi dan keuangan syariah global, peran Indonesia telah mendapat berbagai pengakuan. Salah satunya, Indonesia dinilai terus konsisten menjadikan kebijakan ekonomi dan keuangan syariah sebagai bauran strategi pembangunan nasional.

“Bauran strategi ini bermakna penting bagi pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan. Sebab, tantangan pembangunan bukan semata soal meraih pertumbuhan ekonomi setinggi-tingginya, namun memastikan pertumbuhan yang diraih benar-benar mampu menafkahi masyarakat sampai lapisan paling bawah,” ungkap Ma’ruf.

Baca juga: Tingkat Inklusi Keuangan Syariah Masih Rendah, Ternyata Ini Biang Keroknya

Oleh sebab itu, lanjutnya, banyak tugas besar untuk melanjutkan pembangunan kesejahteraan yang berdampak nyata bagi masyarakat, serta meningkatkan kontribusi Indonesia dalam pembangunan dunia, utamanya melalui sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Ke depan, keberlanjutan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang kontributif secara nasional mesti terus didorong. Di antaranya, dengan lebih membumikan bauran kebijakan dan program di tingkat wilayah, sehingga literasi dan partisipasi masyarakat semakin meningkat.

“Untuk itu saya menyambut baik setiap upaya positif Pemda maupun KDEKS (Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah) dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah lewat kegiatan Banten Halal Festival ini,” ungkapnya.

Melalui Banten Halal Festival Ramadhan 2024 ini, wapres berharap ada hasil-hasil konkret, khususnya dalam peningkatan kontribusi industri halal dari Banten untuk dunia.

Baca juga: OJK Beberkan 5 Pilar Utama Penguatan Perbankan Syariah Indonesia

Di kesempatan yang sama, Ketua KDEKS Provinsi Banten Siti Ma’rifah mengungkapkan bahwa anten Halal Festival Ramadhan 2024 ini merupakan kegiatan perdana yang direncanakan untuk diselenggarakan setiap tahun.

“Program ini diharapkan sebagai bentuk perwujudan ikhtiar dalam membuat gerakan bersama menjadikan Indonesia sebagai global halal hub dapat terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujar Siti Ma’rifah.

Banten Halal Festival Ramadhan 2024 terdiri atas kegiatan seminar, talk show, bazar usaha kecil dan menengah (UMKM), fashion show, tausiah ramadan, dan santunan sosial. (*)

Related Posts

News Update

Top News