BRI Tebar Dividen Rp43,5 Triliun atau 85% Dari Laba

BRI Tebar Dividen Rp43,5 Triliun atau 85% Dari Laba

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2023 resmi digelar oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) secara virtual, di Jakarta pada hari ini, Senin (13/3).

Dalam RUPST tersebut memutuskan BRI membagikan dividen sebesar 85% dari laba bersih konsolidasian yang dapat diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk, atau senilai Rp43,5 triliun.

Dividen yang akan dibagikan ini sekurang-kurangnya ekuivalen dengan Rp288 per lembar saham. 

“Sudah barang tentu dividen Rp43,5 triliun didalamnya termasuk yang sudah dibagikan dalam bentuk dividen interim yang lalu yaitu Rp8,6 triliun. Sehingga lanjutnya, sisa yang akan dibayarkan Rp34,9 triliun,” jelas Sunarso dalam Pres Conference RUPST 2023, Senin, 13 Maret 2023.

Untuk dividen bagian Negara Republik Indonesia atas kepemilikan sekurang-kurangnya 53,19% saham atau akan diberikan sebesar Rp23 triliun akan disetorkan kepada Rekening Kas Umum Negara.

Kemudian, sisa laba dengan 15% atau sebesar Rp7,7 triliun akan digunakan untuk saldo laba ditahan.

Sunarso menjelaskan, bahwa dividen Payout Ratio sebesar 85% tersebut telah mempertimbangkan struktur modal BRI yang kuat dan likuiditas yang optimal dalam rangka ekspansi bisnis dan antisipasi risiko yang mungkin terjadi pada masa mendatang.

“Dengan rasio pembayaran Dividen sebesar 85%, CAR Perseroan tetap terjaga minimal 20%,” tambahnya.

Selain membagikan dividen, BRI juga telah mendapat persetujuan untuk membeli saham Perseroan (Buyback) yang telah dikeluarkan dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan jumlah nilai nominal seluruh Buyback sebesar-sebesarnya Rp1,5 triliun.

“Buyback ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kepemilikan saham BBRI oleh Pekerja, sehingga diharapkan dapat mendorong kontribusi Pekerja BRI lebih optimal terhadap pencapaian target dan peningkatan kinerja Perseroan,” jelas Sunarso. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News