Bos LPS: Kehilangan 1 Persen PDB Akan Kurangi Lapangan Pekerjaan 400 Ribu Orang

Bos LPS: Kehilangan 1 Persen PDB Akan Kurangi Lapangan Pekerjaan 400 Ribu Orang

Jakarta – Ketua Dewan Komisioner Lembata Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa mengungkapkan, bahwa setiap penurunan terhadap produk domestik bruto (PDB) dapat memengaruhi pengurangan lapangan pekerjaan.

Dia menyebutkan setiap kekurangan 1 persen PDB, maka lapangan pekerjaan juga akan hilang sekitar 400 ribu orang.

Baca juga: Konsumsi Masyarakat Kelas Bawah Terhadap PDB Hanya 17 Persen, Ini PR Pemerintah

“Setiap kehilangan 1 persen PDB, kita kehilangan penciptaan lapangan pekerja sekitar 400 ribu orang,” ujar Purbaya dalam LPS Awards 2023 dikutip 7 Desember 2023.

Sehingga, menurutnya, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus bekerja keras untuk berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi, termasuk salah satunya sektor perbankan di Tanah Air.

“Jadi kedepan kita harus bekerja lebih keras lagi. Perbankan harus membantu perekonomian. Ya untungnya (perbankan) dikurangin dikit tidak apa-apa,” imbuh Purbaya.

Purbaya menjelaskan, saat ini perbankan nasional dalam kondisi yang sangat baik. Hal ini tercermin permodalan perbankan nasional yang tebal, per Oktober 2023, CAR berada pada level 27,48 persen.

Baca juga: Per Agustus 2023, Jumlah Pengangguran di RI Tembus 7,86 juta Orang
Kemudian, Likuiditas juga dalam kondisi yang mencukupi. Rasio Alat Likuid/Non-Core Deposit (AL/NCD) dan Alat Likuid/DPK (AL/DPK) masing-masing sebesar 117,29 persen dan 26,36 persen.

Seperti diketahui, hingga kuartal III 2023 perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 4,94 persen, melemah tipis dibandingkan dengan kuartal II 2023 yang sebesar 5,17 persen. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News