Bos Amartha Ungkap Sejumlah Tantangan UMKM Indonesia

Bos Amartha Ungkap Sejumlah Tantangan UMKM Indonesia

Jakarta – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) telah berkembang pesat di seluruh Asia, terutama di Asia Tenggara, yang menyumbang hingga 40 persen dari ekonomi wilayah tersebut. Khususnya, usaha mikro yang mencapai 94 persen dari total UMKM, berperan penting sebagai mesin ekonomi, terutama di negara seperti Indonesia.

Meskipun memiliki kontribusi yang signifikan, sekitar 90 persen pengusaha mikro di Asia Tenggara menghadapi kendala dan tantangan.

Founder & CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra mengungkapkan kendala tersebut antara lain, yakni terkait akses layanan keuangan, tantangan dalam mendapatkan pinjaman karena jaminan dan riwayat kredit yang kurang memadai.

“Akses terhadap teknologi tidak menjadi kendala, tapi inklusi dan literasi digital keuangan yang rendah yang justru menjadi kendala, terutama masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan,” ujarnya dalam Konferensi Pers di Jakarta, Selasa (21/5).

Baca juga: Membangun UMKM, Kemandirian Pangan, Menekan Inflasi & Kemiskinan dengan Subsidi Harga

Oleh karena itu, Amartha bersama Women’s World Banking, SME Finance Forum, dan Accion, menyelenggarakan The 2024 Asia Grassroots Forum. Forum global yang berlangsung selama dua hari (21-22 Mei) mengumpulkan investor, entrepreneur, inovator, dan pembuat kebijakan untuk mengakselerasi potensi ekonomi akar rumput Asia. Dengan memfasilitasi inovasi di bidang teknologi dan keuangan, forum ini bertujuan untuk melibatkan institusi global berpartisipasi dalam impact investing.

“Forum ini bertujuan untuk menjadi pendorong kolaborasi, mengumpulkan berbagai experts di bidang teknologi dan keuangan. Bersama-sama, kita dapat membangun masyarakat yang lebih tangguh untuk kemajuan ekonomi akar rumput,” kata pria yang akrab disapa Taufan ini.

Baca juga: Banyak UMKM Kesulitan Dapat Modal, Ternyata Ini Penyebabnya

Menurutnya, fintech seperti Amartha berperan penting dalam menyediakan layanan yang dapat diakses oleh masyarakat yang kurang terjangkau. Terlihat bahwa proporsi usaha mikro yang lebih besar, dibandingkan dengan usaha menengah, meminjam dari layanan pinjaman fintech.

“Saya mengajak masyarakat umum untuk bergabung, dan berkolaborasi dalam agenda bersama, yakni scaling impact, mendigitalisasi UMKM, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif untuk kesejahteraan yang merata,” imbuhnya. (*) Alfi Salima Puteri.

Related Posts

News Update

Top News