Bootcamp AKI Pacu Kreativitas dan Inovasi para Pelaku Usaha

Bootcamp AKI Pacu Kreativitas dan Inovasi para Pelaku Usaha

Jakarta – Sejak dimulai pada 23 April 2024, program akselerator Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 telah berlangsung di 8 kota, yakni Bekasi, Serang, Denpasar, Magelang, Singkawang, Blitar, Palu, dan Toba. Dengan target 12 kota, Bootcamp AKI ini dijadwalkan selesai pada 30 Mei 2024.

Pelaksanaan Bootcamp AKI di setiap kota berlangsung selama tiga hari. Pada hari pertama, peserta menerima materi mengenai Hak Kekayaan Intelektual, Pitching & Presentasi, serta Pengelolaan Keuangan.

Hari kedua diisi dengan materi Produk Review & Branding, Marketplace & Promosi Digital, Design Thinking & Business Model, dan Legalitas & Standarisasi Usaha. Hari terakhir Bootcamp mencakup Sosialisasi E-KATALOG dan Coaching Clinic & Mentoring.

Baca juga: Dukung Pengembangan Industri Kreatif, Kemenparekraf Gelar Bootcamp AKI 2024

Banyak peserta merasakan manfaat besar dari Bootcamp AKI ini. Salah satunya ialah Risa, pemilik The Cold Crafters, produsen kopi cold brew.

“Materi-materi di Bootcamp bagus, sangat relevan, aplikatif. Para mentor memberikan banyak tips dan trik, dan disampaikan dengan cara yang komunikatif,” tuturnya dikutip 17 Mei 2024.

Peserta lainnya, Rici Narita selaku pemilik Narita Bakes, jenama bakery dari Kalimantan juga mengatakan ajang ini menjadi pengalaman berharga baginya.

“Di sini saya tidak hanya bertemu teman-teman baru dari sekitar Kalimantan, tapi juga dari luar. Di AKI saya juga mendapat banyak materi baru yang saya belum tahu, seperti materi design thinking and business model yang disampaikan Pak Dwi Purnomo,” kata Rici.

The Cold Crafters dan Narita Bakes adalah dua dari 410 jenama dari seluruh Indonesia yang lolos mengikuti Fase Bootcamp, disaring dari 6.680 pendaftar.

Peserta dibagi dalam tujuh subsektor ekonomi kreatif, yakni Kuliner, Kriya, Fesyen, Aplikasi, Gim, Musik, dan Film. Setiap jenama menunjukkan kreativitas unik dalam produk mereka.

Baca juga: Sandiaga Optimis Kenaikan PPN 12 Persen Tak Berdampak ke Pariwisata RI

Setelah Bootcamp di empat kota tersisa (Ternate, Tanjung Pinang, Labuan Bajo, dan Merauke), tahapan berikutnya adalah pameran di masing-masing kota dan kabupaten dari akhir Mei hingga Agustus 2024. Program ini akan ditutup dengan Malam Puncak di Jakarta pada September 2024.

Bootcamp AKI 2024 tidak hanya menjadi ajang untuk belajar, tetapi juga kesempatan berjejaring dan berbagi pengalaman. Dengan berbagai jenama yang tampil dengan kreativitas tinggi, program ini diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. (*) Alfi Salima Puteri

Related Posts

News Update

Top News