BI Jakarta Incar Perekonomian Tumbuh 5,8%, Ini Sektor Pendukungnya

BI Jakarta Incar Perekonomian Tumbuh 5,8%, Ini Sektor Pendukungnya

BI Jakarta Incar Perekonomian Tumbuh 5,8%, Ini Sektor Pendukungnya
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Di tengah ketidakpastian global saat ini, Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta menargetkan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta pada kisaran 5,0-5,8%, sejalan dengan arah pertumbuhan ekonomi nasional.

Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta, Arlyana Abubakar mengatakan pihaknya terus berupaya mendorong stabilisasi dan pemulihan ekonomi melalui optimalisasi sektor utama dan sektor potensial.

Pada sektor utama, ia menyebutkan telah dipetakan menjadi enam aspek diantaranya pangsa pasar yang besar, laju pertumbuhan, forward dan backup linkage, serta sektor basis dan sektor progresif.

“Kita perlu melakukan optimalisasi terhadap sektor ekonomi utama yang saat ini sudah memiliki peran yang cukup besar dalam perekonomian Jakarta yaitu industri pengolahan, konstruksi perdagangan, informasi komunikasi, dan jasa keuangan,” ucap Arlyana dalam Seminar Nasional ISEI Jakarta, 14 Desember 2022.

Tidak hanya itu, kata dia, bahwa dari sektor potensial juga perlu adanya dorongan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi melalui bentuk ekonomi baru yaitu sektor jasa termasuk pariwisata, komoditas makan minum, pendidikan, kesehatan, serta transportasi dan pergudangan.

“Dan tentunya ini diharapkan bisa dapat mencapai apa yang menjadi visi Jakarta menjadi kota yang resilien, kemudian advance secara digital, sustainable dan juga green internasional city, ini diharapkan dapat mendukung pencapaian Indonesia maju ke depan karena sebagai provinsi yang memiliki peran cukup signifikan terhadap nasional,” imbuhnya.

Adapun, pada triwulan III-2022 ekonomi DKI Jakarta mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,94% dan tingkat inflasi terendah di posisi 4,47%. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]