BI dan Bank Sentral Singapura Perkuat Kerjasama Bilateral

BI dan Bank Sentral Singapura Perkuat Kerjasama Bilateral

Turunkan GWM Rupiah, BI Optimis Likuiditas Nambah Rp117 Triliun IndONIA
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Singapura/ Monetary Authority of Singapore (MAS) menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) terkait dengan regulasi dan inovasi finansial. Kerja sama ini diharapkan akan mampu meningkatkan kerja sama bilateral antara dua negara.

Nota Kesepahaman ini mencerminkan kepentingan bersama Indonesia dan Singapura untuk mempromosikan kolaborasi proyek-proyek yang terkait dengan inovasi sistem pembayaran, perluasan kerja sama di berbagai fungsi bank sentral, serta regulasi.

Proyek yang dimaksudkan meliputi kebijakan moneter, kebijakan makroprudensial, stabilitas keuangan, pengawasan sistem pembayaran dan penyelesaian, kerangka peraturan dan pengawasan, dan anti pencucian uang dan penanggulangan pendanaan terorisme.

“Nota Kesepahaman telah memberikan kesempatan untuk memperluas dan meningkatkan kolaborasi antara kedua bank sentral dan mengatasi tantangan kompleks yang berkembang di bidang utama perbankan sentral termasuk inovasi pembayaran dan Anti Money Laundering – Countering Financing of Terrorism (AML-CFT). MOU ini menunjukkan upaya kolaboratif kami dalam memajukan ekonomi dan keuangan digital, serta memerangi pencucian uang dan pendanaan terorisme,” jelas Gubernur BI, Perry Warjiyo pada keterangannya, 21 Januari 2022.

Kemudian, Ravi Menon, Managing Director MAS menambahkan, Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore sudah memiliki hubungan yang sudah terjalin lama dan bekerja sama di berbagai bidang. MOU ini akan semakin menggarisbawahi komitmen untuk memperkuat kemitraan dan memajukan kolaborasi kami di bidang minat yang sama, seperti inovasi keuangan dan konektivitas pembayaran.

Adapun kerja sama yang tertuang dalam MOU ini akan dilaksanakan melalui dialog kebijakan, pertukaran informasi, kerja sama teknis, inovasi bersama, dan komite tingkat kerja. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]