Berpredikat “Sangat Bagus” UUS Bank Kalsel Raih Infobank 11th Syariah Awards 2022 

Berpredikat “Sangat Bagus” UUS Bank Kalsel Raih Infobank 11th Syariah Awards 2022 

Berpredikat “Sangat Bagus” UUS Bank Kalsel Raih Infobank 11th Syariah Awards 2022 
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Diganjar predikat kinerja “Sangat Bagus”, Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Kalsel raih penghargaan Infobank 11th Sharia Awards 2022, pada Kamis, 22 September 2022 di The Stones Hotel, Legian Bali. Ajang penghargaan Infobank 11th Sharia Awards 2022 didasarkan pada Rating 98 Institusi Keuangan Syariah versi Infobank 2022 yang dirilis oleh Biro Riset Infobank (birI). Biro Riset Infobank (birI) melakukan penilaian kinerja terhadap tiga hal utama, yakni rasio keuangan penting, pertumbuhan, dan tata kelola perusahaan selama periode kinerja 2020 – 2021.

Penilaian GCG dan manajemen risiko melengkapi pendekatan yang selama ini dipakai Biro Riset Infobank dalam mengukur kinerja keuangan institusi keuangan syariah, yaitu pendekatan rasio keuangan penting dan pertumbuhan. Total terdapat 100 lembaga keuangan syariah berpredikat “Sangat Bagus” yang mendapatkan apresiasi dari Infobank. Mereka terdiri atas bank umum syariah (BUS), unit usaha syariah (UUS) bank, bank perkreditan rakyat syariah (BPRS), perusahaan asuransi syariah, dan perusahaan penjaminan.

Unit Usaha Syariah Bank Kalsel yang dipimpin Muhammad selaku Kepala Divisi Usaha Syariahnya, menempati posisi ketiga pada kelompok UUS bank kelas aset Rp2,5 triliun sampai dengan di bawah Rp5 triliun, dengan skor 82,10%. Meski laba UUS Bank Kalsel tercatat tumbuh minus 5,09% di 2021, kinerja laba tersebut sudah jauh lebih baik dibandingkan perolehan laba tahun sebelumnya yang tumbuh minus 26,08%.

Selain itu, UUS Bank Kalsel juga mampu menyalurkan pembiayaan Rp1,37 triliun sepanjang 2021 atau tumbuh 25,36% secara tahunan. Sementara DPK atau dana pihak ketiganya naik 13,32% menjadi Rp1,63 triliun. Pembiayaan dan dana pihak ketiga ini kemudian turut menopang pertumbuhan aset sebesar 21,39% atau menjadi Rp2,50 triliun di 2021.

“Alhamdulillah, kerja keras seluruh insan Bank Kalsel dan dukungan dari segenap pihak mendapat ganjaran positif pada acara ini. Prestasi ini tentunya dapat menjadi modal positif bagi Unit Usaha Syariah Bank Kalsel dalam rangka menatap target spin off di tahun 2023 sebagaimana regulasi OJK,” ujar Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya didampingi Kepala Divisi Usaha Syariah, Muhammad, usai terima penghargaan. (*) Steven Widjaja

Related Posts

No Content Available

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]