Benchmarking Pasar Modal Asing, Pelaku Pasar Modal RI Studi Banding ke Thailand

Benchmarking Pasar Modal Asing, Pelaku Pasar Modal RI Studi Banding ke Thailand

Jakarta – Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI), Lembaga Standar Profesi Pasar Modal (LSPPM) dan Perkumpulan Profesi Pasar Modal Indonesia (PROPAMI) melakukan studi banding ke Bangkok, Thailand, 17-20 Oktober 2024. 

Kegiatan bertajuk Capacity Building 2024 ini, diikuti 54 peserta dari pelbagai kalangan pelaku pasar modal Indonesia, seperti para asesor sertifikasi pasar modal, pelaku pasar, dan perwakilan emiten-emiten. 

Salah satu rangkaian studi banding tersebut yakni melakukan kunjungan ke The Stock Exchange of Thailand (SET) di Bangkok. Tujuannya, melakukan diskusi strategis mengenai kondisi terkini pasar modal dunia serta pendekatan dan pengembangannya di berbagai sektor bisnis. 

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSPPM) Haryajid Ramelan mengatakan, antusiasme para pelaku pasar modal terhadap kegiatan Capacity Building yang digelar ini sangat tinggi.

Baca juga : Kolaborasi BCA Syariah dan Henan Putihrai Sekuritas Tingkatkan Inklusi Pasar Modal Syariah

“Kunjungan ke The Stock Exchange of Thailand ini tentu akan membuka wawasan para profesional di pasar modal sehingga dapat melakukan benchmarking atas praktik yang dilakukan di bursa negara-negara lain,” katanya, dikutip pada Rabu, 23 Oktober 2024.

Ia menambahkan, pada tahun sebelumnya juga dilakukan kegiatan serupa di antaranya melakukan kunjungan ke bursa negara lain yaitu Singapore Stock Exchange, Bursa Malaysia dan ke JP Morgan Singapore.  

“Saya yakin kegiatan workshop Capacity Building 2024 di Bangkok ini akan menambah dan memberikan value added bagi para profesional pelaku pasar modal,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan tahunan ini juga merupakan sarana networking antara berbagai profesi dan institusi pasar modal seperti perusahaan sekuritas, emiten, asesor, konsultan.

Baca juga : HUT Pasar Modal, BEI dan IFA Gelar Workshop Keuangan Berkelanjutan

Presiden Direktur PT Coris Oratoria Dian Adhitama menambahkan, kunjungan langsung ke SET ini membuka wawasan atas kemungkinan kerjasama antara pelaku pasar modal Thailand dan Indonesia.

Kapitalisasi Pasar RI Tertinggi di ASEAN

Data dari World Federation of Exchanges (WFE) per Desember 2023 yang dipresentasikan SET cukup menarik, karena kapitalisasi pasar Indonesia paling tinggi di ASEAN.  

“Sedangkan  average daily turnover tertinggi adalah Thailand. Dengan kunjungan ini, kedua belah pihak dapat saling berbagi pengalaman untuk memajukan pasar modal di negara masing-masing,” bebernya.

Sebelum dilakukan kunjungan ke SET, para pelaku pasar modal melakukan seminar yang diadakan di Hotel Al Meroz, Bangkok. 

Seminar dibuka oleh NS Aji Martono, Ketua Umum PROPAMI kemudian pemaparan oleh Prof. Budi Frensidy yang membahas mengenai Sustainability Investment Strategy: Another Criterion after Return and Risk dan pemaparan Environment, Social, and Governance (ESG) and Sustainability Report disampaikan Dr. Embun Prowanta. 

Setelah itu dilanjutkan pembekalan Asesor Kompetensi oleh Dr. Muhammad Nur Hayid selaku Komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Baca juga: Biaya Membuat Paspor Naik per Desember, Cek Rinciannya di Sini!

Seperti diketahui, di tingkat Asia-Pacific, Thailand menduduki perangkat ke-9 dan secara global menduduki peringkat ke-24. 

SET memiliki komitmen dalam pengembangan pasar modal Thailand untuk jangka panjang dengan meningkatkan peran bursa, infrastruktur pasar dan mempromosikan keberlanjutan antara lain melalui digital asset ecosystem, infrastrukur digital serta menerbitkan Thailand Sustainability Investment list dan Index bagi para investor. (*)

Editor: Yulian Saputra

Related Posts

News Update

Top News