Begini Cara Penyebaran Covid-19 dan Mengatasinya

Begini Cara Penyebaran Covid-19 dan Mengatasinya

Penyebaran Covid19 memang menghawatirkan. Namun tahukah kamu, untuk melawan hal ini, kita juga perlu mengetahui jenis virus dan apa kelemahannya.

Mengutip panduan pedoman perubahan perilaku yang diterbitkan Satgas Penanganan Covid-19, virus SARS-CoV-2 atau virus corona menyerang sistem pernapasan manusia dan menimbulkan gangguan ringan sampai berat, bahkan
kematian. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini disebut Covid-19.

Covid-19 dapat menyerang siapa saja tanpa kecuali, termasuk anak muda. Kelompok ini memiliki imunitas yang lebih baik sehingga mungkin dapat terpapar tanpa menunjukkan gejala (asimtomatik), tetapi berbahaya dan dapat menyebabkan kematian bagi orang-orang di sekitarnya (silent killer).

Covid-19 sendiri tidak ditularkan oleh hewan, tetapi menular antar manusia terutama dari orang-orang terdekat. Covid-19 ditularkan melalui cipratan liur (droplet) yang dikeluarkan seseorang dari mulut atau hidung ketika bersin, batuk, bahkan saat berbicara. Droplet dapat jatuh dan menempel pada benda-benda di sekitar kita.

Oleh karena itu, ketika kita memegang benda-benda tersebut, tangan kita berpotensi menjadi jalur transmisi penularan Covid-19 jika menyentuh hidung, mulut, dan mata.

Adapun kelemahan virus tersebut adalah:

Pertama, dapat mati jika tempat hidupnya dibersihkan dengan sabun

Kedua virus ini tahan temperatur tinggi, namun semakin tinggi temperaturnya, semakin pendek masa bertahan virus.

Melihat kelemahan dan bagaimana Covid19 tersebut menyebar, sudah sepatutnya kita taati protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, mulai dari memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan. (*)

Related Posts

News Update

Top News