Begini Cara Bank DKI Genjot Inklusi dan Literasi Keuangan di Kepulauan Seribu

Begini Cara Bank DKI Genjot Inklusi dan Literasi Keuangan di Kepulauan Seribu

Jakarta – Bank DKI terus melakukan peningkatan inklusi serta literasi keuangan dalam hal ini digitalisasi perbankan kepada seluruh masyarakat khususnya warga yang berada di Kepulauan Seribu seperti Pulau Pramuka, yang nantinya akan disiapkan sebagai pulau untuk kepentingan penyelenggaraan event internasional.

Salah satu yang dilakukan Bank DKI untuk menggenjot inklusi serta literasi keuangan yakni dengan menggelar Pesta Rakyat Digital Island Bank DKI. Kegiatan positif ini, Bank DKI berkolaborasi bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 21 Juli 2023, yang menjadi wadah dalam peningkatan inklusi serta literasi keuangan.

”Kita tahu bahwa Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Pramuka menjadi sentra pariwisata nasional, dan Bank DKI mengambil peran disini dengan mempersiapkan masyarakat melalui edukasi dan literasi keuangan digital,” ujar Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy dalam keterangannya dikutip 24 Juli 2023.

Sebagai informasi, melalui Pesta Rakyat Digital Bank DKI ini, masyarakat Pulau Pramuka diperkenalkan lebih dekat dengan berbagai produk dan layanan digital Bank DKI, seperti JakOne Abank, JakOne Merchant dan serta yang terbaru, yakni JakErte. Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat meraih informasi mendalam terkait program produk perbankan lain seperti KEJAR, hingga Tabungan Haji dan Umroh (Taharoh).

Baca juga: Bank DKI Dorong Pembangunan dan Ekonomi Masyarakat Jakarta

Dalam kesempatan tersebut juga diresmikan Kampung UMKM Bank DKI yang merupakan program Tanggung Jawab Sosial Bank DKI, dimana dalam program tersebut, Bank DKI melakukan penataan ulang dengan pendekatan digitalisasi melalui aplikasi JakOne Abank, dan JakOne Merchant terhadap lokasi sementara (loksem) bagi para pedagang UMKM.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae pun menyatakan harapannya agar Bank DKI sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) dapat memainkan peran sebagai regional champion, dan menjadi tuan rumah di wilayah DKI Jakarta, melalui penetrasi pasar yang lebih luas lagi, salah satunya dengan penyelenggaraan kegiatan literasi dan inklusi keuangan.

“Saya kira kegiatan ini (Pesta Rakyat Digital Bank DKI) menjadi contoh yang baik dilakukan oleh Bank DKI dalam hal penetrasi pasar, sekaligus edukasi transaksi perbankan digital di Kepulauan Seribu,” tuturnya.

Bank DKI terus meningkatkan layanan digital, dengan merealisasikan berbagai program unggulan diantaranya mendirikan Command Center untuk menguatkan fungsi kontrol produk dan layanan digital Bank DKI, pengembangan fitur dan layanan terhadap aplikasi digital yang dimiliki, serta menghadirkan New Flagship Branch dan meningkatkan jumlah CRM (Cash Recycle Machine).

Sinergi dan kolaborasi juga terus dilakukan dan dikembangkan oleh Bank DKI, diantaranya melalui kerjasama tarik tunai tanpa kartu di ATM BNI, BCA, dan CIMB, serta kerjasama dengan Indomaret dalam penyediaan layanan tarik tunai tanpa kartu di seluruh jaringan Indomaret, kemudian juga dilakukan kerjasama dengan perbarindo dalam hal digitalisasi BPR, dan yang terbaru dilakukan adalah kemitraan dengan BC Card Asia dalam rangka penyediaan Sistem Layanan Pembayaran. (*)

Related Posts

News Update

Top News