BCA Dan CIMB Niaga Siap Distribusikan Uang Edisi Kemerdekaan

BCA Dan CIMB Niaga Siap Distribusikan Uang Edisi Kemerdekaan

Jakarta – PT Bank Central Asia (BCA) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyatakan kesiapannya menjadi bank perantara dalam pendistribusian dan penukaran uang edisi khusus 75 Tahun Kemerdekaan RI pecahan Rp75.000.

Direktur BCA Santoso mengungkapkan, BCA terus mengapresiasi langkah Bank Indonesia (BI) yang telah menerbitkan uang rupiah edisi khusus Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 yang dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia. Ia mengatakan, pihaknya sangat bangga dipercaya sebagai tempat penukaran uang edisi khusus untuk masyarakat.

“BCA juga berterima kasih atas kepercayaan BI yang telah menunjuk BCA sebagai salah satu dari lima bank umum yang dipilih untuk menjadi sarana penukaran uang pecahan Rp75.000,” kata Santoso ketika dihubungi Infobanknews di Jakarta, Selasa 18 Agustus 2020.

Dirinya mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih terus menjalin komunikasi dengan BI mengenai kuota distribusi penukaran uang tersebut. Namun pihaknya berupaya untuk terus melayani masyarakat dalam penukaran melalui 1.251 kantor cabang yang dimilikinya tersebut.

“Perseroan terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan BI perihal detail penukaran uang pecahan edisi khusus ini,” jelas Santoso.

Dihubungi terpisah, Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan menyatakan kesiapannya dalam pendistribusian uang khusus tersebut. Ia menjelaskan, nantinya masyarakat tetap harus melakukan pemesanan di aplikasi Pintar di situs resmi BI melalui https://pintar.bi.go.id. Namun, pada Oktober nanti masyarakat dibebaskan akan menukarkan uang di berbagai kantor cabang perbankan yang ditunjuk.

“Kami siap. Masyarakat memesan dulu lewat web dan aplikasi PINTAR di BI, jadi tidak langsung ke bank. Di aplikasi bisa pilih ambil di Cimb Niaga dan 4 bank lain nya,” ucap Lani.

Pihaknya juga mengaku masih belum mendapat intruksi khusus mengenai jumlah kuota yang akan didistribusikan oleh CIMB Niaga. Namun dirinya terus melakukan komunikasi dengan BI terkait mekanisme penukaran uang tersebut.

Sebagai informasi, BI telah menunjuk 5 (lima) Bank umum yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga untuk melayani penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI oleh masyarakat.

BI menilai, penunjukkan bank umum tersebut dikarenakan bank umum tersebut memiliki jaringan kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia, sehingga jangkauan layanan penukaran UPK 75 Tahun RI kepada masyarakat diharapkan dapat lebih luas dan merata. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News