Bank Sentral AS Beri Sinyal Longgarkan Suku Bunganya

Bank Sentral AS Beri Sinyal Longgarkan Suku Bunganya

Bank Sentral AS Beri Sinyal Longgarkan Suku Bunganya
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Para pejabat Federal Reserve (The Fed) telah menyetujui bahwa kenaikan suku bunga yang lebih rendah harus diwujudkan secepatnya. Kesepakatan di The Fed ini juga adalah hasil evaluasi dari dampak kebijakan kenaikan suku bunga sangat tinggi terhadap perekonomian selama ini, seperti tertulis dalam rilis pertemuan The Fed, Rabu, 23 November 2022, dikutip dari CNBC.

Pihak market sendiri mengharapkan Federal Open Market Committee untuk menurunkan penetapan suku bunga acuan ke 0,5 basis poin di Desember, setelah mereka menaikkan suku bunga acuan sebesar 0,75 basis poin dalam empat kali berturut-turut.

“Mayoritas partisipan menyatakan bahwa penurunan kenaikan suku bunga akan dapat diakomodasi secepatnya,” tulis laporan pertemuan itu.

“Perlambatan pertumbuhan ekonomi akibat dampak dari kebijakan moneter terhadap aktivitas perekonomian merupakan salah satu alasan kenapa kebijakan penurunan laju kenaikan suku bunga perlu diambil,” tulisnya lagi.

Ringkasan laporan itu mencatat bahwa beberapa anggota The Fed mengindikasikan perlambatan laju kenaikan suku bunga acuan bisa mengurangi risiko instabilitas pada sistem finansial. Kebijakan untuk mengurangi laju kenaikan suku bunga acuan ini sekaligus menjadi momen bagi The Fed untuk mengevaluasi kembali dampak peningkatan suku bunga selama ini.

Keputusan penetapan suku bunga acuan The Fed selanjutnya dijadwalkan tanggal 14 Desember. (*) Steven Widjaja

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]