Bank Mandiri Proyeksikan Inflasi Capai 5,6% di Akhir Tahun

Bank Mandiri Proyeksikan Inflasi Capai 5,6% di Akhir Tahun

Bank Mandiri Proyeksikan Inflasi Capai 5,6% di Akhir Tahun
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Mandiri memproyeksikan inflasi pada akhir tahun akan berada di level 5,4% – 5,6%. Panji Irawan Direktur Treasury & International Banking menyatakan, angka tersebut jauh lebih baik dibandingkan dengan konsensus pasar yang memperkirakan inflasi bisa tembus 6,7%.

“Jika kita gunakan asumsi tingkat inflasi rata-rata di bulan Desember, maka inflasi akhir tahun 2022 diperkirakan berada pada kisaran 5,4% hingga 5,6%,” ujar Panji dalam Macroeconomic Outlook Bank Mandiri, Selasa, 20 Desember 2022.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan bila dilihat dari angka inflasi di dua bulan terakhir dapat dikendalikan oleh Pemerintah, sehingga secara ytd (year to date) inflasi baru mencapai 4,82%.

Selain itu, kinerja neraca perdagangan Indonesia juga masih sangat baik dengan dukungan sektor komoditas. Pada bulan November, neraca Perdagangan mencatatkan angka USD5,16 miliar atau melanjutkan surplus sepanjang 31 bulan terakhir.

“Dengan neraca perdagangan tersebut Indonesia dapat dipastikan Neraca Transaksi Berjalan (NTB) atau Current Account Balance Indonesia akan mengalami surplus dalam kisaran 1% dari PDB,” jelas Panji.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan tingkat inflasi pada Oktober 2022 sebesar 5,42% yoy, yang didorong oleh kenaikan harga bensin, bahan bakar rumah tangga, tarif angkutan udara, rokok, beras, telor ayam ras, dan tarif angkutan dalam kota. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]