Bank Indonesia Berhasil Kantongi Rp229 Triliun dari SRBI

Bank Indonesia Berhasil Kantongi Rp229 Triliun dari SRBI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) berhasil mengantongi dana senilai Rp229 triliun dari lelang Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) per 19 Desember 2023.

“Lelang SRBI hingga 19 Desember 2023 telah mencapai Rp 229,95 triliun,” kata Perry dalam Konferensi Pers RDG, Kamis 21 Desember 2023.

Baca juga: Top! Nilai Outstanding SRBI Sudah Capai Rp168,81 Triliun

Selain itu, BI juga berhasil mengumpulkan sebesar USD421 juta dari lelang Surat Valas Bank Indonesia (SVBI). 

Perry mengatakan bahwa tingginya angka tersebut, sejalan dengan inovasi BI untuk meningkatkan efektivitas kebijakan moneter dalam memastikan terkendalinya inflasi dan tetap stabilnya nilai tukar rupiah. 

Adapun, instrumen SRBI telah secara aktif diperdagangkan di pasar sekunder tecermin dari kepemilikan nonresiden yang mencapai Rp52,87 triliun. Sementara itu, posisi nonresiden di SVBI tercatat sebesar USD6 juta. 

Baca juga: SRBI jadi Instrumen Alternatif Sedot Investasi Asing

Selanjutnya, BI juga menerbitkan Sukuk Valuta Asing BI (SUVBI) pada November lalu. Hingga 19 Desember BI berhasil mengumpulkan USD129 juta dari SUVBI.

“Berbagai inovasi instrumen ini diharapkan dapat mendukung strategi operasi moneter yang pro-market dan dapat menarik aliran modal masuk untuk memperkuat ketahanan eksternal ekonomi Indonesia dari dampak rambatan global,” harapnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News