Bank Harus Berlomba Tingkatkan Pembiayaan di Sektor Berkelanjutan

Bank Harus Berlomba Tingkatkan Pembiayaan di Sektor Berkelanjutan

Ke Mana Kredit Bank Mengalir?
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Pembiayaan berkelanjutan saat ini memang tengah naik daun. Bank-bank berlomba-lomba untuk memberikan pembiayaan di sektor ramah lingkungan.

Meskipun demikian, Vera Eve Lim, Chief Financial Officer (CFO) Bank BCA melihat bahwa permintaan pembiayaan dari industri masih minim. Ia menilai dukungan lebih lanjut dibutuhkan agar sektor berkelanjutan semakin menarik di mata para pelaku bisnis yang akhirnya berdampak pada peningkatan pembiayaan.

“Kami melihat tentu peluangnya besar untuk kita biayai dan kami mengharapkan dukungan dari pemerintah serta pelaku ekonomi. Jika dari kacamata pelaku ekonomi ini (sektor berkelanjutan) adalah suatu bisnis yang feasible dan profitable, tidak usah khawatir, bank pasti akan membiayai, jelas Vera pada paparannya Selasa, 22 Februari 2022.

Pada kesempatan yang sama, pernyataan ini juga diamini oleh Ahmad Siddik Badruddin, Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri. Ia mengungkapkan minimnya permintaan kredit di sektor berkelanjutan bisa jadi disebabkan oleh biaya bisnis dan teknologi yang masih mahal.

“Dari yang kami biayai, saat ini memang interest rate dari renewable energy masih rendah karena demandnya sedikit namun yang mau membiayai banyak. Saat ini ada banyak interest di financing tapi not enough project. Bahkan bank asing pun juga masuk untuk membiayai green project,” jelasnya.

Hingga saat ini, perbankan nasional berlomba-lomba dalam menyalurkan kredit berkelanjutan. Bank BCA di sepanjang 2021 menyalurkan 25% portofolionya di sektor berkelanjutan. Di sisi lain, Bank Mandiri juga menyalurkan 25% kreditnya ke sektor berkelanjutan atau sebesar Rp205 triliun.

Bank Mandiri dan BCA optimis melihat perkembangan pembiayaan di sektor berkelanjutan. Keduanya percaya permintaan akan meningkat seiring berjalannya waktu dan kebutuhan yang ada. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]