APPI Ungkap Strategi Multifinance untuk Bertahan di Tengah Pandemi

APPI Ungkap Strategi Multifinance untuk Bertahan di Tengah Pandemi

Jakarta – Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno menyatakan bahwa pandemi Covid-19 sangat memukul kinjera perusahaan pembiayaan (multifinance). Namun, pihaknya mengaku telah menyusun strategi untuk bertahan di tengah pandemi.

Suwandi menjelaskan, strategi pertama yang harus diterapkan perusahaan leasing adalah efisiensi biaya. Menurutnya, dengan adanya pandemi Covid-19 pergerakan manusia dari satu tempat ke tempat lain juga menjadi terbatas.

“Kita baru sadar bahwa ternyata kita bisa produktif melalui kegiatan video conference, menggunakan teknologi sebagai alat pendukung bekerja, dan jika tidak ada covid mungkin kita tidak mengetahui ini bisa kita lakukan,” ujar Suwandi dalam InfobankTalkNews Media Discussion dengan tema “Menakar Kekuatan Multifinance di Era New Normal: Menahan Goncangan Lewat Stimulus Kebijakan OJK”, Rabu 12 Agustus 2020.

Untuk strategi kedua, lanjut Suwandi, perusahaan pembiayaan diharapkan lebih selektif dalam memilih debitur. Menurutnya pademi covid-19 mengubah pola debitur dalam mengajukan proses pembiayaan

Strategi ketiga menurutnya lebih kepada strategi sumber dana. Menurutnya, sumber dana merupakan sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan pembiayaan karena merupakan darah dari perputaran agar perusahaan pembiayaan bisa bertumbuh.

Suwandi menyebut kinerja perusahaan leasing tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi Indonesia, karena pertumbuhan ekonomi juga terkait dengan daya beli masyarakat yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia yang merupakan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News