APEI Optimis Pasar Modal Tetap Tumbuh di 2018

APEI Optimis Pasar Modal Tetap Tumbuh di 2018

APEI Optimis Pasar Modal Tetap Tumbuh di 2018
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Bandung – Komite Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) Octavianus Budiyanto, optimis pasar modal Indonesia bisa tetap tumbuh tahun ini.

Bangkitnya harga komoditas, masuknya momen Pilkada serentak, serta Asian Games disebut-sebut menjadi bagian dari faktor pendorong tumbuhnya pasar modal pada 2018.

“Per Januari (2018) ini saja kita lihat emiten-emiten berbasis tambang terutama batu bara lonjakannya bagus,” kata Octavianus
diacara Market Outlook & Sharing Session di Lembang, Bandung Barat, Jumat, 20 Januari 2018.

Komoditas, lanjut pria yang akrab disapa Oki, itu masih akan menjadi driver pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG).

Dari sisi makro, inflasi stabil menurutnya positif untuk membantu pertumbuhan ekonomi. Tantangan hanya akan datang dari potensi bank sentral Amerika Serikat (AS), The Fed, yang akan menaikkan level suku bunga acuannya sekali lagi pada tahun ini.

“Perbaikan ekonomi akan mengangkat harga batu bara sejalan kenaikan harga minyak. China sebagai buyer terbesar kebutuhan batu baranya juga meningkat,” jelas Oki.

Disisi lain terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah serentak yang akan terjadi tahun ini, Oki berharap dampaknya positif terhadap meningkatnya konsumsi masyarakat.

Begitu juga dengan hajatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Sebagai tuan rumah, Indonesia melakukan investasi untuk pagelaran tersebut dan ribuan tamu asing berdatangan. “Seharusnya positif. Ada perputaran uang yang lebih besar jadi konsumsi naik,” tegasnya.

Faktor rating Indonesia yang sudah Investment Grade ditambah mulai banyaknya realisasi dari program pembangunan infrastruktur juga akan menjadi faktor positif meningkatnya iklim investasi di pasar modal Indonesia pada 2018. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]