Alasan SYL Absen Penuhi Panggilan KPK

Alasan SYL Absen Penuhi Panggilan KPK

Jakarta – Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) batal memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Rabu (11/10) terkait kasus dugaan korupsi di tubuh Kementrian Pertanian. 

SYL melalui kuasa hukumnya meminta komisi antirasuah melakukan jadwal ulang pemeriksaan dirinya karena ingin menjenguk ibunya yang sedang sakit di Makasar, Sulawesi Selatan.

“Saya menghormati KPK, Namun izinkan saya terlebih dahulu menemui ibu di kampung,” ujar SYL melalui tim kuasa hukumnya, dikutip, Rabu (11/10).

Tim kuasa hukum SYL yang terdiri dari Ervin Lubis, Arianto W Soegio dan Anggi Alwik Siregar itu mengaku telah mengantarkan surat pada KPK yang pada pokoknya mengajukan permohonan penjadwalan ulang.

Adapun isi surat tersebut pada prinsip menyampaikan bahwa SYL sangat menghormati kewenangan dalam Penyidikan KPK dan tetap berkomitmen untuk koperatif menjalani proses hukum ini.

“Sebagaimana disampaikan pada kami selaku tim hukum, karena mendapat informasi tentang kondisi orang tua yang telah berumur 88 tahun dalam keadaan sakit, maka pak Syahrul ingin terlebih dahulu menemui Ibunya,”kata  Erwin Lubis, tim kuasa hukum.

Menurutnya, sebagai seorang anak, hal tersebut diharapkan dapat semakin memberikan keteguhan hati dalam menghadapi situasi saat ini.

Ia menambahkan, SYL akan tetap akan koperatif terkait perkara korupsi di Kementan yang menjerat namanya. SYL sendiri akan hadir dalam panggilan pemeriksaan berikutnya.

“Kami akan berkoordinasi lebih lanjut dengan penyidik terkait dengan waktu penjadwalan ulang. Semoga faktor kemanusiaan ini dapat dipertimbangkan,” pungkasnya.

Sebelumnya, KPK telah memeriksa dua orang mantan anak buah SYL. Keduanya yakni Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan RI Muhammad Hatta dan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono.

Kedua nama tersebut masuk dalam daftar  dari sembilan orang yang dicegah ke luar negeri perihal kasus korupsi di Kementan. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News