Alasan Pentingnya Menggunakan Inventory Management System dalam Bisnis

Alasan Pentingnya Menggunakan Inventory Management System dalam Bisnis

Alasan Pentingnya Menggunakan Inventory Management System dalam Bisnis
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Pernah merasa kesusahan untuk mengelola bisnis Anda, misalnya mengatur stok produk? Atau mungkin, kerap menemukan persoalan berulang dimana stok produk tiba-tiba habis, padahal sedang membludak orderan dari konsumen? Jika pernah mengalami hal-hal sejenis itu, tandanya Anda membutuhkan inventory management system yang profesional dan memadai. 

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Inventory Management System

Jelas, alasan utama para pelaku usaha membutuhkan aplikasi pengelola inventaris adalah untuk memudahkan kegiatan operasional sehingga tidak ada lagi kejadian seperti tiba-tiba kehabisan stok saat pesanan konsumen sedang membludak.

Namun, pernahkah berpikir apa saja yang bisa dilakukan oleh perangkat lunak berbasis sistem inventaris bagi bisnis Anda?

Pertama dan yang paling utama, Anda akan memiliki pusat penyimpanan data, di mana akan semakin mudah mengelola stok produk, serta mengatur inventaris perusahaan. Ini akan sangat membantu dalam pelacakan ketersediaan stok serta lokasi keberadaannya dalam waktu relatif amat singkat. Tak hanya itu, perusahaan pun difasilitasi untuk melacak jejak produk yang sedang dalam proses pengiriman.

Selanjutnya, tata kelola yang baik akan menciptakan efisiensi kinerja. Inventory management system akan membuat pengaturan stok produk menjadi lebih simpel. Hal ini dikarenakan adanya catatan riwayat inventaris dengan durasi bervariasi, mulai dari bulanan hingga tahunan. Terlebih, semua itu sangat mungkin Anda peroleh secara cepat.

Belum lagi, jika membahas lebih spesifik terkait persoalan biaya pengeluaran. Dengan adanya sistem yang terintegrasi dengan baik, hal-hal seperti human error, kerugian finansial, stok produk berlebihan, dan sejenisnya bisa Anda minimalisir.

Kemudian, perusahaan juga bisa membuat perencanaan yang lebih akurat berkat adanya laporan inventaris yang lengkap dan detail. Itu memungkinkan Anda untuk meninjau tingkat konversi penjualan secara berkala tanpa kesulitan berarti, apakah suatu produk diminati konsumen atau tidak. 

Pada akhirnya, pengelolaan yang baik akan berimbas pada kepuasan pelanggan. Jika pelanggan merasa puas bertransaksi di usaha Anda, tentunya bukan hal sulit bagi mereka untuk kembali lagi dan bahkan menjadi loyal.

Aplikasi Inventory Management System Berikut Ini Layak Dicoba

1. Jurnal by Mekari

Inventory management system yang didesain dalam satu aplikasi terintegrasi, di mana mampu menyajikan keadaan usaha terkini Anda secara real-time melalui satu dashboard interaktif saja. Tak hanya itu, di sini pengguna bisa secara gampang membuat laporan perpajakan, payroll, dan POS. 

Jika Anda memerlukan perangkat lunak dengan kemampuan akuntansi mumpuni, maka Jurnal by Mekari adalah solusinya. Tersedia berbagai fitur seperti memperbarui stok secara otomatis, mengonversi barang jadi dari bahan baku dan memperkirakan biaya produksi relatif lebih cepat.

Menariknya lagi, Jurnal by Mekari dapat diakses melalui komputer maupun smartphone sehingga tak perlu khawatir lagi soal keterbatasan waktu dan tempat. Anda kini bisa mengelola bisnis baik UKM, toko ritel, hingga perusahaan besar secara daring di mana pun. 

Apa saja keuntungan yang sekiranya ditawarkan aplikasi ini jika Anda memutuskan berlangganan?

Jawabannya sangat beragam, mulai dari template laporan keuangan gratis siap pakai, kemudahan monitoring transaksi online, rekonsiliasi akun bank, hingga catatan invoice yang terotomatisasi. Singkatnya, tak hanya mengakomodir tata kelola inventaris, tetapi di sini Anda pun akan memperoleh bantuan berupa fitur pencatatan keuangan. 

2. Lightspeed Retail

Aplikasi ini didesain dengan memfokuskan toko ritel kecil sebagai sasarannya, di mana Anda dapat menggunakannya untuk melacak stok, serta memperoleh kemampuan e-commerce yang lumayan bagus.

Lightspeed Retail merupakan salah satu inventory management system berbasis web yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan usaha batu bata, mortar, dan toko e-niaga.  Meskipun layanan utamanya mengandalkan sistem POS, namun tetap menyediakan alat inventaris ritel yang akan sangat membantu bisnis Anda.

Beberapa fiturnya antara lain mengatur perubahan harga secara massal dan memperkirakan diskon otomatis, melacak inventaris dan SKU di sejumlah lokasi, memungkinkan karyawan mendapatkan promosi, hadiah, dan kupon spesial, serta masih banyak lagi keunggulan lainnya.

3. Orderhive

Dilengkapi sejumlah fitur canggih dengan banyak integrasi, Orderhive merupakan solusi terjangkau yang cukup mudah dioperasikan demi mendukung kepentingan tata kelola inventaris, pesanan, dan berbagai keperluan bisnis Anda. 

Orderhive menyediakan instrumen untuk memenuhi keperluan instansi di sebagian besar industri, dari perusahaan besar hingga rintisan. Keunggulan utama aplikasi ini adalah adanya penawaran unit penyimpanan stok tak terbatas.

Sebagai software berbasis web, Anda dapat menggunakannya di seluruh browser utama, namun untuk pengalaman yang lebih mulus sebaiknya memanfaatkan Firefox atau Chrome. Beberapa fitur menariknya antara lain membuat pembelian dan pesanan secara otomatis, menambahkan atau memperbarui produk dalam jumlah banyak, mudah mentransfer stok antar gudang, dan sebagainya.

Orderhive menawarkan sistem pembayaran bulanan, namun Anda akan mendapat potongan 10% jika berlangganan per tahun. 

4. Upserve

Inventory management system yang akan membantu Anda melacak biaya dan bahan-bahan sesuai kebutuhan perusahaan. Ini merupakan solusi manajemen inventaris yang komprehensif berbasis sistem POS yang kukuh. Kemampuan utamanya adalah melacak pemakaian material hingga seukuran satu ons.

Perangkat lunak ini memanfaatkan layanan cloud dan mendukung aksesibilitas lewat web dan aplikasi seluler, di mana Anda bisa mengawasi dan menjalankan bisnis kapan pun. Menariknya lagi, di sini tersedia juga mode luring.

Upserve secara khusus menyasar bisnis di bidang F&B seperti restoran, di mana ada sejumlah fitur spesifik yang memungkinkan Anda menyinkronkan resep pada sistem POS, mengelola vendor dan persediaan, memindai inventaris lewat aplikasi seluler Anda, menentukan reservasi, bar, serta pemesanan daring, dan masih banyak lagi.

5. Megaventory

Kelola inventaris berbasis material Anda secara efisien dan raih pembaruan manufaktur bersama Megaventory. Aplikasi ini merupakan solusi atas inventory management system yang menawarkan berbagai kemudahan lewat fitur-fiturnya. 

Beberapa navigasi yang bisa Anda lakukan antara lain melacak proses bundling, mengawasi inventaris, pemesanan, dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Sebagai layanan berbasis awan, Megaventory dapat dioperasikan secara maksimal lewat browser apapun pada semua jenis sistem operasi asal koneksi internet dan paketnya mendukung.

6. InFlow

Platform ini menyediakan database inventaris pusat dan showroom business-to-business (B2B) tempat klien bisa memantau dan berbelanja produk Anda. 

Walau sistemnya sederhana, namun sangat layak dicoba para pemilik grosir B2B, penjual online, produsen, serta pengecer. Didesain berbasis cloud dan komputer, di mana mampu pula menyediakan aksesibilitas lewat iOS dan Android. 

Beberapa fitur menariknya antara 14 laporan penjualan, tujuh laporan pembelian, dan 14 inventaris. Selain itu, memungkinkan Anda membuat showroom B2B yang diperuntukkan kepada umum atau menggunakan kata sandi bagi pelanggan khusus. Kemudian, jika ingin membayar vendor, mengecek riwayat pesanan dan pembelian, semua itu bisa dilakukan lewat InFlow. (*)

Related Posts

No Content Available

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]