37 BUMN Ada di BEI, Segini Kontribusinya

37 BUMN Ada di BEI, Segini Kontribusinya

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat 37 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terdaftar di BEI, terdiri dari 14 BUMN dan 23 anak usahanya.

Direktur Utama BEI, Iman Rachman, menyatakan bahwa 20 dari 37 BUMN dan anak usahanya yang memiliki kapitalisasi terbesar berkontribusi 60 persen terhadap nilai transaksi harian bursa.

“Menarik adalah bahwa kalau dari 20 saham dengan market cap terbesar, itu secara nilai transaksi per harian itu kontribusinya 60 persen. Jadi yang 20, LQ20 lah gitu. Kan ada LQ45. Ini 20 yang terbesar kira-kira 60 persen kontribusi,” ucap Iman kepada media di Gedung BEI, Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2024.

Baca juga: Catat Tanggalnya! Pemerintah Tetapkan 27 Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2025

Lebih lanjut, Iman merincikan, dari total LQ20 yang berkontribusi sebanyak 60 persen, 15 persennya berasal dari lima perusahaan BUMN dan satu anak usaha BUMN, hal itu menandakan perusahaan BUMN saat ini terus bergerak cukup signifikan.

“Jadi menurut saya ini kan cukup signifikan. Kita juga mengerti bahwa gak semuanya BUMN ini kondisinya hari ini buyback saja gitu kan. Ada beberapa sedang restrukturisasi,” katanya.

“Tetapi bagi bursa adalah bahwa melihat selama ini komitmen daripada pemegang saham memberikan andil yang besar bagi restructuring company-nya,” imbuhnya.

Baca juga: IHSG Ditutup Melejit 1,13 Persen, Efek Sri Mulyani Come Back jadi Anggota Kabinet Prabowo

Ia pun memberikan contoh perusahaan BUMN yang menunjukkan komitmen untuk terus bertumbuh positif, yakni PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) yang saat ini sahamnya telah kembali dibuka, diikuti oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) yang masih dalam proses restrukturisasi.

Sementara itu, dari seluruh perusahaan BUMN yang tercatat di BEI, terdapat lima BUMN yang memiliki kapitalisasi terbesar, yakni BNI, Mandiri, BRI, Telkom, hingga Semen Gresik, disusul oleh BSI dengan kapitalisasi besar.

“Kami terus berharap atas existing ini perlu support dari pemegang saham. Artinya bagi investor kita yang jumlahnya hari ini 14 juta (investor). Sebagian besar melakukan investasi kepada BUMN ini,” ujar Iman. (*)

Editor: Yulian Saputra

Related Posts

News Update

Top News